Fuel Matrix, Solusi Maskapai untuk Hemat Bahan Bakar dengan Variabel Berat Badan Penumpang

Sumber: cnn.com

Selain pesawat yang dirancang dengan material karbon komposit yang terkenal ringan namun tangguh, ternyata ada cara lain yang dapat meminimalisir pengeluaran bahan bakar dalam melakukan sebuah penerbangan, yaitu dengan cara menimbang setiap penumpang yang hendak mengudara. Mungkin diantara Anda yang bingung, “Bagaimana bisa menimbang berat badan dapat meminimalisir penggunaan bahan bakar?”

Baca Juga: Dallas Fort Worth, Jadi Bandara Pertama dengan Status Netral Emisi

Merujuk pada perusahaan perangkat lunak (software) asal Inggris, Fuel Matrix, mereka menyebutkan bahwa semakin ringan bobot penumpang yang dibawa oleh sebuah pesawat, maka semakin irit juga bahan bakar yang digunakan. Ya, semakin sedikit bahan bakar yang digunakan, maka semakin sedikit juga emisi karbon yang dihasilkan. Tapi, bagaimana pihak bandara dan pihak maskapai menimbang penumpang yang hendak mengudara? Bukankah berat badan merupakan seusatu yang sensitif bagi sebagian orang?

Fuel Matrix mengatakan bahwa softwarenya dapat dengan mudah menentukan berapa liter bahan bakar yang harus dibawa di dalam sebuah penerbangan, selama mereka mengetahui berapa-berapa saja berat badan dari masing-masing penumpang – walaupun tidak perlu akurat 100 persen. Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman cnn.com (25/4/2019), perusahaan telah menguji sistem perangkat lunak penghitungan bahan bakarnya dengan maskapai internasional besar, yang dikombinasikan dengan data penerbangan sebelumnya.

“Mereka (maskapai) bisa menghemat banyak bahan bakar dan banyak karbon,” tutur CEO Fuel Matrix, Roy Fuscone.

“Karena maskapai penerbangan mungkin saja dikenai biaya tambahan apabila mereka melebihi batas emisi karbon yang sudah ditentukan. Ya, selayaknya menjalankan sebuah bisnis, pihak maskapai juga pasti akan melakukan penghematan finansial, namun berharap untuk mendapatkan untung yang berlipat,” tandasnya.

Lalu permasalahannya adalah, bagaimana Fuel Matrix bisa menimbang berat penumpang dengan cara yang bijaksana tanpa harus menyinggung perasaannya?

Baca Juga: Travelator, Wahana Transportasi Massal Yang Bebas Emisi

Sebenarnya perusahaan telah mengajukan satu proposal berisi cara untuk bisa mengetahui berat badan penumpang, yaitu dengan cara menambahkan informasi pada pasport penumpang. Apabila tidak ada, maka penumpang itu harus masuk ke proses keamanan.

“Nantinya penumpang akan dipindai – tentu saja tidak hanya dipindai dengan menggunakan alat yang mengelilingi tubuh penumpang, melainkan juga diukur berat badannya,” terang Roy.

“Bagi Anda yang takut data pribadinya akan diretas, sebaiknya Anda tidak perlu khawatir karena ini sifatnya sangat rahasia.” tutupnya.