Gantikan Agung Wicaksono, Donny Andy Saragih Kini Pimpin PT TransJakarta

0
Dirut Baru PT TransJakarta Donny Andy S Saragih dan Mantan Dirut TransJakarta Agung Wicaksono (istimewa)

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) pada 23 Januari 2020 memiliki Direktur Utama yang baru yakni Donny Andy S Saragih. Donny menggantikan Agung Wicaksono yang mengundurkan diri dengan alasan pribadi, terutama kebutuhan keluarganya setelah satu tahun lebih tiga bulan menjabat Dirut PT TransJakarta.

Baca juga: Anies: Integrasi MRT ASEAN-Halte TransJakarta di CSW Jadi Monumen Penting dalam Sejarah

Penunjukan Donny sebagai Dirut Baru PT TransJakarta dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). RUPSLB tersebut digelar PT Transjakarta pada Kamis (23/1/2020) sesuai dengan Pasal 91 UU No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

“Memberhentikan Saudara Agung Wicaksono dari jabatanya sebagai Direktur Utama dan mengangkat Saudara Donny Andy S Saragih Sebagai Direktur Utama,” kata Kepala Divisi Sekretaris Perseroan dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/1/2020).

Nah, siapa sih sosok Dirut baru PT TransJakarta ini? Pemilihan Donny sendiri karena dirinya memiliki berbagai pengalaman di perusahaan transportasi. Bahkan sebelum ditunjuk menggantikan Agung Wicaksono, Donny merupakan Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ).

Selain itu hingga saat ini dia menjabat sebagai komisaris PT Alfa Omega Transport dari tahun 2014. Donny juga pernah menjabat direktur operasional PT Eka Sari Lorena Transport Tbk sejak tahun 2007 hingga 2017.

Selain itu, pria kelahiran Tanjung Karang 48 tahun lalu tersebut juga ternyata memiliki pengalaman di Toyota Rant A Car (TRAC) milik PT Astra Internasional, Cipaganti, Hiba Utama dan Panorama Transportasi. Dengan kemampuannya ini, PT TransJakarta menilai, Donny mampu mengembangkan PT TransJakarta sebagai transportasi massal yang aman, nyaman, terjangkau dan tepat waktu.

Baca juga: 2019 Jadi Tahun Integrasi untuk TransJakarta

Tak hanya itu, TransJakarta juga berharap Donny menjalakan tugas-tugas dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sesuai yang digariskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. Apalagi sekarang TransJakarta tengah mengembangkan integrasi dengan moda transportasi lainnya seperti KRL, MRT Jakarta dan LRT Jakarta. Diketahui, selama Agung Wicaksono menjabat sebagai Dirut PT TransJakarta, tahun 2019 ada kenaikan penumpang dari 188,98 juta menjadi 264,61 juta pelanggan.

Leave a Reply