Gantikan Airbus 340, Pemerintah Jerman Bakal Gunakan A350 Sebagai Pesawat Kenegaraan

0
Sumber: Airbus

Kabar mengejutkan datang dari Lufthansa, dimana salah satu anak perusahaannya, Lufthansa Technik baru saja mengumumkan satu proyek baru yang berkenaan dengan pengadaan pesawat untuk Pemerintah Jerman. Sebagai bahan mentahnya, mereka akan menyulap Airbus A350-900 menjadi sebuah pesawat kelas VIP. Pemerintah Jerman sendiri kabarnya sudah menghabiskan dana sebesar €1,2 miliar atau yang setara dengan Rp18,7 triliun untuk tiga unit Airbus A350-900 baru.

Baca Juga: Singapore AirShow 2018: Airbus Perkenalkan A350-1000 Untuk Pasar Trans-Pasifik

Tidak hanya baru, pesawat ini juga kabarnya dilengkapi dengan kabin khusus dengan sistem pertahanan untuk menggantikan Konrad Adenauer, sebuah pesawat Airbus A340-313 yang sebelumnya digunakan sebagai pesawat kenegaraan Jerman. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman simpleflying.com (18/11), Lufthansa Technik mengatakan bahwa nantinya pesawat kenegaraan ini akan menggunakan transitional cabin, dimana penggunaan kabin jenis ini memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan.

Pihak Lufthansa Technik juga membocorkan bahwa kelak pesawat ini akan dilengkapi dengan ruang kantor, area konferensi yang luas, lounge multifungsi, hingga sejumlah tempat duduk super nyaman yang dapat digunakan oleh para delegasi ketika melakukan perjalanan dengan menggunakan moda ini. Kendati pihak Lufthansa Technik tidak membocorkan secara detail tentang kapasitas angkut dari pesawat ini, namun mereka hanya memberikan gambaran kasar bahwa pesawat ini mampu memboyong 150 tamu sekaligus.

Gambaran kabin dari pesawat kenegaraan Jerman yang baru. Sumber: Lufthansa Technik

Mengenai fitur keamanan dari pesawat ini sendiri, Lufthansa Technik telah terlebih dahulu memesan sistem keamanan anti rudal senilai €229 juta atau yang berkisar Rp3,6 miliar. Satu yang tidak boleh dilupakan adalah stok suku cadang yang ada di dalam pesawat ini – memungkinkan pesawat untuk diperbaiki di mana saja kapanpun dibutuhkan.

“Angkatan Udara Jerman adalah pelanggan eksternal pertama kami. Kami telah memperlengkapi pesawatnya, termasuk pesawat pemerintah, selama beberapa dekade, sehingga membentuk kemitraan yang komprehensif,” ujar Senior Director Sales, VIP & Special Mission Aircraft di Lufthansa Technik, Wieland Timm.

Baca Juga: Kemasukan Tikus, Airbus A340 Menteri Keuangan Jerman Pernah “Grounded” di Ngurah Rai

“Kami sekarang telah mendapat kepercayaan untuk mendukung dan melengkapi generasi terbaru dari pesawat pemerintah juga merupakan sebuah bentuk kepercayaan yang besar terhadap kami,” sambungnya.

Sebagai informasi tambahan, Lufthansa Technik telah mengembangkan banyak konsep kabin untuk A350XWB, dan telah menyediakan interior untuk lebih dari 45 pesawat berbadan lebar hingga saat ini.

Leave a Reply