Kemasukan Tikus, Airbus A340 Menteri Keuangan Jerman Pernah “Grounded” di Ngurah Rai

0
Airbus A340 'Konrad Adenaeur'. Sumber: aeronef.net

Grounded pada pesawat umumnya harus dilakukan karena memang pesawat sedang dalam proses maintenance atau pesawat sedang mengalami masalah teknis, yang menjadikan si pesawat harus dilakukan pengecekan. Nah, menyangkut grounded karena masalah teknis, tentu ada beragam faktornya, namun tahukah Anda, bahwa pesawat VVIP (Very Very Important Person) Kenegaraan Republik Federal Jerman ternyata pernah mengalami temporary grounded akibat kemasukan tikus yang merusak sistem kabel, dan uniknya TKP (Tempat Kejadian Perkara-red) berada di Bali.

Baca juga: Kenali Dua Jenis “Grounded” di Dunia Dirgantara

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman dpa-international.com, adalah Olaf Scholz, Menteri Keuangan Jerman yang pesawatnya dimasuki oleh sosok terlarang ketika tengah mengunjungi event akbar International Monetary Fund (IMF)-World Bank yang dihelat di Nusa Dua, Bali pada Oktober 2018. Kala itu, Menteri Olaf baru saja menyelesaikan pertemuan akbar tersebut dan hendak bertolak kembali menuju Jerman.

Namun sialnya, Airbus A340 yang diberi nama ‘Konrad Adenauer’ ini malah ‘mogok’ dan tidak bisa mengangkut Menteri Olaf kembali ke Jerman. Setelah pemeriksaan mendalam dilakukan, ternyata petugas menemukan adanya tikus di dalam pesawat yang menggerogoti kabel yang ada di dalam pesawat wide body tersebut. Tentu saja, hal ini sangat jarang sekali terjadi dan dibutuhkan pemeriksaan yang lebih mendetail agar supaya tidak ada hewan pengerat lagi yang tertinggal di dalamnya. Ya, dikhawatirkan tidak hanya ada satu tikus saja yang menggerogoti kabel kelistrikan tersebut.

Mengingat ‘Konrad Adenauer’ yang masih butuh perawatan pasca dimasuki oleh tikus, mau tidak mau Menteri Olaf harus terbang dengan menggunakan pesawat yang berbeda agar bisa sampai di Jerman sesegera mungkin. Akhirnya Menteri Olaf mengajak sejumlah protokolnya dan 20 jurnalis untuk kembali ke Jerman – sementara ‘Konrad Adenauer’ masih berada di Bandara Ngurah Rai untuk proses inspeksi dan perbaikan.

Baca Juga: Buntut “Grounded Berjamaah,” Tiga Maskapai Cina Getok Boeing dengan Minta Kompensasi

Sebulan berselang, tepatnya pada akhir November 2018, ‘Konrad Adenauer’ yang semestinya ditumpangi oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel dan Menteri Olaf untuk menghadiri acara pembukaan KTT G20 di Buenos Aires, Argentina mengalami kendala serius pada bagian mesinnya. Akankah kerusakan yang dialami oleh ‘Konrad Adenauer’ ini disebabkan oleh hewan pengerat ketika di Bali tersebut?

Leave a Reply