Gara-gara Penumpang Bertengkar, Ryanair Terpaksa Return to Base Ke London

(Cambridge News)

Kecewa, sepertinya kata yang cocok untuk menggambarkan suasana penumpang maskapai Ryanair yang berangkat dari Bandara London Stansted menuju Lisbon, Portugal pada Kamis (13/12/2018). Pasalnya penerbangan tersebut terpaksa kembali ke bandara asal (return to base) dikarenakan dua orang penumpang pria yang bertengkar dan mengeluarkan kata-kata kasar.

Baca juga: Duh, Gara-Gara Satu Penumpang, Frontier Airlines Flight 87 Dibatalkan!

KabarPenumpang.com melansir dari laman cambridge-news.co.uk (14/12/2018), seorang saksi mata mengklaim ada pertarungan antar dua penumpang pesawat Ryanair. Keduanya berkelahi sekitar 20 menit dalam perjalanan mereka dan awalnya dikarenkan salah satu diantaranya menginjak kaki yang lain.

“Dari apa yang saya pahami, semuanya dimulai karena salah satu dari mereka sedang menginjak kaki yang satunya. Dia mendorongnya, dan orang itu menjatuhkan teleponnya. Kemudian mereka mulai berdebat,” kata seorang penumpang.

Kedua penumpang yang bertarung tersebut terekam dalam sebuah video dan terlihat berdebat. Mereka dikelilingi awak kabin Ryanair yang berusaha menenangkan situasi. Dalam video itu juga, keduanya saling mengumpat dengan bahasa Portugis yang kasar.

Debat itu semakin menjadi, sehingga awak kabin dalam penerbangan tersebut menghubungi polisi untuk menangani masalah itu saat kembali mendarat di Stansted.

“Penerbangan ini dari London Stansted Airport ke Lisbon kembali ke Stansted tak lama setelah lepas landas setelah sejumlah penumpang menjadi gangguan dalam penerbangan. Pesawat mendarat dengan normal dan disambut oleh polisi pada saat kedatangan. Pesawat akan segera berangkat ke Lisbon. Kami tidak akan mentolerir perilaku yang tidak dapat diatur atau mengganggu setiap saat dan keselamatan dan kenyamanan pelanggan kami, awak dan pesawat udara adalah prioritas nomor satu kami. Sekarang ini masalah polisi lokal,” ujar juru bicara Ryanair.

Setelah mendarat dan berhenti, dua orang polisi bersenjata mengamankan dua penumpang tersebut dari pesawat. Juru bicara polisi mengatakan, mereka dihubungi karena ada penumpang mengganggu dalam penerbangan Ryanair dari Stansted ke Lisbon pukul 12.45 malam. Penerbangan dialihkan kembali ke Bandara Stansted.

“Kami mendirikan di sana memiliki telah menjadi argumen antara dua penumpang. Setelah berbicara kepada kedua individu, seseorang telah dikeluarkan dari penerbangan dan dilaporkan melakukan pelanggaran pesanan publik,” ujar juru bicara polisi.

Di bagian kedua video, petugas polisi terlihat mengawal seorang pria dari pesawat, dengan sorak-sorai dari beberapa penumpang lain ketika dia pergi. Seorang penumpang yang berbicara menyamakan insiden itu dengan sesuatu dari sebuah film dan mengatakan situasinya sangat intens dan menakutkan.

Diduga ada juga konfrontasi antara seorang wanita dan salah satu petugas polisi ketika salah satu pria itu dikeluarkan dari pesawat. Wanita, seorang teman pria itu, berdiri di depan polisi karena pada saat itu diklaim mereka hanya mengeluarkan satu dari dua orang yang terlibat dalam pertarungan.

Baca juga: Disinyalir Rindu Keluarga, Mahasiswa Paruh Waktu ini Coba Curi Pesawat!

Seorang penumpang mengklaim wanita itu mengatakan itu tidak adil bagi mereka untuk hanya memindahkan salah satu orang yang terlibat dalam pertarungan. Penumpang menambahkan bahwa salah satu petugas dilaporkan menantang para wanita itu, menanyakan apakah dia juga terlibat.

“Hanya karena saya tahu dia tidak berarti saya harus terlibat,” ujar wanita itu. “Apakah saya terlihat seperti saya membuat lelucon?” ujar polisi Sebelum juga mengancam untuk menghapus wanita itu dari pesawat.