Garuda Indonesia Pilih Mitsubishi Xpander untuk Kendaraan Awak Kabin

Mitsubishi Xpander dengan logo Garuda Indonesia (otoblitz)

Selain kondang dengan armada pesawatnya, hal lain yang khas dari Garuda Indonesia adalah kendaraan awak kabin (air crew) yang kerap terrlihat wara wiri di jalan raya. Dengan tugas menjemput dan mengantar penerbang dan awak kabin dari dan ke bandara, mobil minibus dengan livery dan logo maskapai ini begitu lekat di mata warga.

Dan setelah belakangan ini menggunakan Honda Mobilio untuk air crew, kini Garuda Indonesia merubah pilihannya kepada Mitsubishi. Hal ini dikatakan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara, karena sebagai maskapai plat merah yang memiliki standar tinggi, pemilihan terhadap kendaraan operasionalnya pun harus aman dan nyaman.

Baca juga: Garuda Indonesia Buka Rute Kertajati–Tanjung Karang– Palembang dan Kertajati–Balikpapan-Tarakan

Ari mengatakan, pemilihan Mitsubishi Xpander sendiri memberikan kenyamanan bagi awak kabin Garuda. Sebelumnya, awak kabin Garuda Indonesia sendiri menggunakan kendaraan operasional dari Toyota atau Honda yang baru saja ditinggalkan.

“Jadi faktor pertama itu keamanan, tentunya kendaraan harus aman. Kedua harga, ketiga kenyamanan,” kata Air yang dikutip KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber.

Ari mengatakan, pihaknya saat ini sudah memesan 401 unit Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan operasional awak kabin. Tetapi angka tersebut baru mencapai setengah dari kebutuhan total Garuda Indonesia terkait operasionalnya di seluruh Indonesia.

Dia mengatakan, untuk operasional Garuda Indonesia di seluruh Indonesia sendiri membutuhkan kurang lebih 800 unit. Menurutnya, jika pihak Mitsubishi mampu menghadirkan lebih, Garuda Indonesia akan memesannya lagi.

Ari menambahkan, jika nantinya Citilink dan Sriwijaya Air digabung, maka potensi Mitsubishi menjual kendaraan penumpang akan semakin besar. “Kalau tahun depan Citilink dan Sriwijaya digabung pasti lebih dari 1.000 unit. Ini kesempatan buat Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menawarkan keselamatan pada kami.”

Penyerahan pertama Mitsubishi Xpander sebanyak 119 unit pada Oktober 2018 kemarin dan sudah beroperasi. Penyerahan kedua yakni pada Selasa (11/12/2018) sebanyak 282 unit. Xpander yang dipesan maskapai penerbangan Garuda Indonesia merupakan varian GLS transmisi manual lima percepatan warna Sterling Silver Metallic. Tidak ada tambahan fitur lain kecuali stiker Garuda Indonesia di eksterior.

Harga Mitsubishi Xpander yang dijual di Indonesia mulai dari Rp201,1 juta sampai Rp225,9 juta. Xpander yang disewa pihak Garuda Indonesia adalah varian GLS M/T dengan warna Sterling Silver Metallic, yang telah dipasang stiker/decal branding sesuai dengan karakter Garuda Indonesia.

Baca juga: Sebelum Buka Rute Ke AS, Garuda Indonesia Bersiap Buka Penerbangan Langsung Ke Istanbul

Khusus GLS M/T yang dipakai Garuda Indonesia harganya Rp217,6 juta on the road Jabodetabek. Bicara spesifikasi Xpander, di balik kapnya terdapat mesin jenis 4A91 1.5 L MIVEC DOHC 16 katup. Mesin itu berkapasitas bulat 1.499 cc. Mesin mampu menyemburkan tenaga hingga 77 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Soal fitur safety, Mitsubishi Xpander sudah memiliki fitur ABS dan EBD. Semua tipe Xpander dilengkapi dengan SRS airbag, seatbelt tiga titik dengan force limiter dan seatbelt reminder buzzer, ISOFIX serta Child Proof Lock. Bahkan di Xpander tipe Ultimate A/T, dan tipe Sport sudah ada Hill Start Assist dan Active Stability Traction Control.