Gegara Angker? Tiga Wilayah Ini ‘Haram’ Dilewati Pesawat, Ini Alasannya

0
Pesawat sudah lama dilarang melintas di atas Ka'bah. Tetapi, apa alasannya? Foto: Istimewa

Pesawat, sekalipun sudah dilengkapi dengan teknologi super canggih, tetap saja memiliki batasan-batasan tertentu. Hal itulah yang pada akhirnya membuat pesawat tidak terbang atau bisa juga dibilang menghindari wilayah tertentu.

Baca juga: Teka-Teki Pesawat Dilarang Terbang di Atas Antartika, Ternyata Gegara Hal Ini

Di dunia, setidaknya ada tiga wilayah yang dihindari pesawat karena berbagai alasan. Wilayah mana saja itu? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasan lengkap tiga wilayah ‘terlarang’ untuk diterbangi atau dilintasi pesawat.

1. Ka’bah

Sebagai Tanah Suci umat Muslim di seluruh penjuru dunia, sudah menjadi rahasia umum lagi jikalau Mekkah mendapatkan ‘perlakuan khusus’. Ditambah dengan posisi dari Ka’bah yang terletak di tengah-tengah masjid paling suci dalam agama Islam, Masjidil Haram.

Nah, bagi Anda yang sudah pernah menunaikan ibadah haji atau umrah ke Mekkah dan kota-kota lainnya, pernahkah Anda melihat sebuah pesawat terbang melintas di atas Ka’bah? Jawabannya sudah pasti tidak pernah.

Rumor yang beredar itu dikarenakan Ka’bah memiliki gelombang magnet yang sangat besar sehingga pesawat tidak diperkenankan untuk mengudara di atasnya.

Baca juga: Enam Alasan Mengapa Pesawat Tidak Terbang di Atas Pegunungan Himalaya, Nomor Enam Ngeri!

Akan tetapi, itu hanya rumor belaka. Menurut pilot kawakan berkebangsaan Arab Saudi, Hasan Al Ghamidi, alasan kenapa pesawat dilarang melintas di atas ka’bah karena menjaga kenyamanan dan keselamatan para jemaah haji dan umrah.

“Karena posisi Kota Mekah berada di wilayah pegunungan, ketika ada pesawat yang melintas maka suara pesawat akan memantul dan menimbulkan efek buruk bagi para jamaah haji atau umrah,” jelasnya.

Sebetulnya, alasan kenapa pesawat dilarang melintas di atas Ka’bah sama halnya dengan alasan kenapa pesawat tidak diperbolehkan terbang di atas fasilitas militer sebuah negara, seperti Korea Utara, Amerika Serikat, Rusia, dan lainnya. Terlebih, fasilitas militer tempat pengembangan senjata atau teknologi sangat rahasia.

2. Antartika

Kenapa pesawat komersial berjadwal dilarang terbang atau melintas Benua Antartika? Pertanyaan tersebut sering kali dijumpai saat membahas berbagai misteri dari benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi ini.

Baca juga: Mengapa Pesawat Tidak Terbang Lurus? Inilah 5 Alasannya

Tak seperti alasan kenapa pesawat tak boleh melintas di atas Ka’bah, alasan kenapa pesawat dilarang terbang atau melintasi Benua Antartika, khususnya pesawat komersial berjadwal, lebih kepada faktor keselamatan.

Menurut sebuah sumber, selama Pemerintahan Reagan (Presiden AS ke-33 dengan masa jabatan mulai 20 Januari 1981 – 20 Januari 1989), Administrator FAA, J. Lynn Helms, memutuskan bahwa pesawat-pesawat yang terbang harus berjarak sekitar satu jam penerbangan dari bandara terdekat jika terjadi keadaan darurat, sehingga pesawat bisa mendarat.

Mengingat tak ada bandara terdekat di sekitar Benua Antartika, tak heran bila pesawat dilarang melintas di wilayah ini.

Baca juga: Ini Dia Jawaban Kenapa Pesawat Dilarang Melintas di Atas Ka’bah!

3. Pegunungan Himalaya, Tibet

Selain dilarang atau menghindari terbang di atas Ka’bah dan Benua Antartika, pesawat juga dilarang melintasi wilayah Pegunungan Himalaya, Tibet. Sama halnya dengan Benua Antartika, larangan melintas di wilayah ini bagi pesawat lebih dikarenakan faktor keselamatan.

Setidaknya, ada enam faktor atau alasan mengapa pesawat dilarang atau menghindari terbang di atas Pegunungan Himalaya; mulai dari terlalu tinggi, kurangnya medan datar untuk pendaratan darurat, area rawan konflik, kondisi darurat, turbulensi, hingga terlalu dingin serta membuat bahan bakar membeku.