Ini Dia Jawaban Kenapa Pesawat Dilarang Melintas di Atas Ka’bah!

Sumber: Istimewa

Sebagai Tanah Suci umat Muslim di seluruh penjuru dunia, sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jikalau Mekkah mendapatkan ‘perlakuan khusus’. Ditambah dengan posisi dari Ka’bah yang terletak di tengah-tengah masjid paling suci dalam agama Islam, Masjidil Haram. Nah, bagi Anda yang sudah pernah menunaikan ibadah haji atau umroh ke Mekkah dan kota-kota lainnya, pernahkah Anda melihat sebuah pesawat terbang melintas di atas Ka’bah?

Baca Juga: Mulai Alergi Kacang Hingga Abu Jenazah, Inilah Deretan Peraturan Unik di Maskapai

Ya, pasti semua sepakat untuk menjawab tidak pernah melihat pesawat terbang mengudara di atas Ka’bah. Beberapa spekulasi mulai bermunculan seiring dengan semakin banyaknya orang yang skeptis akan pertanyaan ini. Salah satu dari jawaban yang sering kita dengar terkait pertanyaan tersebut adalah karena Ka’bah memiliki gelombang magnet yang sangat besar sehingga pesawat tidak diperkenankan untuk mengudara di atasnya.

Selain jawaban tersebut, ada juga teori lain yang menyebutkan bahwa terdapat ruang hampa yang sangat misterius di atas Ka’bah. Namun jawaban tersebut tidaklah benar. Lalu, kenapa pesawat tidak pernah melintas di atas Ka’bah?

Sebagaimana yang dirangkum KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, seorang pilot kenamaan berkebangsaan Arab Saudi, Hasan Al Ghamidi mengatakan bahwa spekulasi yang berkembang di publik itu tidaklah benar adanya.

“Kabar dan informasi yang selama ini beredar di media sosial salah dan menyesatkan,” ujar Hasan dikutip dari laman orient-news.net.

Hasan yang juga berprofesi sebagai pemerhati penerbangan sipil ini juga menampik pernyataan tentang eksistensi ruang hampa dan medan magnet yang sangat kuat di atas Ka’bah. Hasan menyebut, bahwa pelarangan sebuah pesawat mengudara di atas Ka’bah itu semata-mata untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan para jemaah haji dan umroh.

Baca Juga: 10 Peraturan Lalu Lintas Unik Ini Siap Membuat Anda Kernyitkan Dahi

“Karena posisi Kota Mekah berada di wilayah pegunungan, ketika ada pesawat yang melintas maka suara pesawat akan memantul dan menimbulkan efek buruk bagi para jamaah haji atau umroh,” terang Hasan.

Jadi, sudah terjawab ya kenapa pesawat dilarang melintas di atas Ka’bah!