Gegara Covid-19, Boeing 707 Jhon Travolta Batal Disumbangkan ke Museum

0
Boeing 707-138B milik Jhon Travolta, varian yang 3 meter lebih pendek dari versi standar -100. Foto: Konstantin von Wedelstaedt via Wikimedia Commons

Covid-19 memang telah membuat industri penerbangan loyo. Selain itu virus yang diduga berasal dari Wuhan, Cina, ini juga telah menggagalkan agenda penting berbagai insan di seluruh dunia, tak terkecuali Jhon Travolta.

Baca juga: Throwback, Boeing 707 Pan Am 812 Jatuh di Bali, Tim SAR Butuh 3 Hari Menjangkau Lokasi

Bintang Hollywood John Travolta yang dikenal berkat kemahiran aktingnya di film Grease dam Pulp Fiction ini dikabarkan batal menyumbangkan pesawat kesayangannya, Boeing 707 bertuliskan ‘Jett Clipper Ella’ ke Museum Australia’s Historical Aircraft Restoration Society (HARS) di Albion Park, New South Wales, Australia.

Bukan karena ia berubah pikiran dan ingin terus bersama pesawat itu, melainkan karena sejumlah kendala, di antaranya akibat pandemi virus Corona yang membuat negara-negara di dunia lockdown. Lantas, bila pesawat belum juga dikirim ke museum, dimana pesawat itu berada saat ini?

Dilansir Simple Flying, sebelum menjawab itu, diketahui John Travolta memiliki empat pesawat untuk mendukung aktivitasnya, mulai dari jet pribadi Gulfstream sampai Boeing 707. Pesawat tua ini (Boeing 707) ia beli pada tahun Mei 1998 dan diregistrasi ulang menjadi N707JT, sebuah registrasi khusus untuk aktor yang juga seorang penyanyi ini.

Pesawat yang pertama kali beroperasi pada tahun 1964 kemudian menjadi teman setia dalam perjalanan karir kebintangannya sebagai penyanyi, penari, sekaligus aktor ternama.

Namun, entah apa yang terjadi, Jhon Travolta mengumumkan pada tahun 2017 lalu bahwa ia akan menyumbangkan pesawat kesayangannya itu ke HARS. Sebagai penerbangan perpisahan, pria yang juga sebagai seorang pilot ini berniat untuk menerbangkan sendiri pesawatnya itu sampai ke museum. Namun, karena alasan lisensi atau sertifikasi, hal itu tak bisa dilakukan. Pengiriman pun tertunda.

Pada 4 November dua tahun lalu, Jhon Travolta pun memutuskan mengunjungi museum pesawat regional di Albion Park, New South Wales tempat dimana ia akan menyumbangkan pesawat Boeing 707 miliknya.

Maksud kedatangannya saat itu yakni untuk memeriksa fasilitas yang akan menampung pesawat miliknya dan menerbangkan salah satu pesawat ikonik yang paling terkenal milik museum itu, Lockheed C-121C Super Constellation, atau ‘Connie’ dari Bandara Shellharbour, New South Wales, Australia.

Di bandara tersebut, Travolta juga menjelaskan alasan mengapa dia bersedia menyumbangkan pesawat Boeing 707 miliknya ke HARS. Menurutnya, museum itu dipercaya mampu merawat pesawat dengan baik dan menjaganya tetap bisa terbang. Jadi, bukan hanya akan menjadi pajangan.

Baca juga: Jejak Boeing 707 di Indonesia: Pernah Dioperasikan 4 Maskapai Hingga Jadi Pesawat Kepresidenan

Setelah mengunjungi HARS, Jhon Travolta berniat untuk mengirimkan pesawat Boeing 707, yang pernah dipakai Braniff dan TAG Aviation itu, pada 2020 kemarin. Namun, siapa nyana, virus Corona mewabah ke hampir seluruh dunia. Pada akhirnya, pengiriman pesawat pun kembali tertunda.

Menurut Planelogger, saat ini pesawat yang juga pernah dioperasikan Qantas selama beberapa tahun tersebut masih terlihat di Bandara Brunswick Golden Isles, Georgia (BQK) pada November lalu. Pesawat diduga tetap berada di sana sampai sekarang, untuk menunggu momen pengiriman yang pas di tahun 2021 ini.

LEAVE A REPLY