Gegara Tsunami Covid di India, Boeing 777 Emirates dari Mumbai ke Dubai Hanya Bawa Satu Penumpang

0
Boeing 777-300ER milik Emirates. Sumber: The National

Lantaran tsunami Covid-19 yang meroket di India, banyak negara yang kini tak menerima kedatangan warga negara India, atau orang yang transit via India. Akibatnya, penerbangan yang keluar dari Negeri Anak Benua tersebut cenderung kosong akan penumpang. Seperti kejadian baru-baru ini, Boeing 777-300ER milik Emirates tujuan Mumbai – Dubai, hanya membawa satu penumpang saja.

Baca juga: Menjadi Penumpang Tunggal Dalam Penerbangan? Wanita Filipina Baru Merasakannya

Dilansir KabarPenumpang.com dari onemileatatime.com (26/5/2021), penerbangan dengan penumpang satu-satunya terjadi pada tanggal 19 Mei 2021. Penumpang itu mengatakan dirinya belum pernah merekam video selama penerbangan dan ini dilakukan karena merasa istimewa dalam penerbangan dari Mumbai menuju Dubai tersebut.


Dalam video pendek sekitar dua menit itu, penumpang terlihat dikawal dari setelah loket check in hingga masuk ke dalam kabin. Ketika tiba di kabin pun, penumpang disambut dengan antusias oleh beberapa anggota kru yang bertepuk tangan untuknya.

Tak hanya itu, kapten penerbangan juga keluar dari kokpit dan berkata, “Biasanya kami melakukan PA besar-besaran untuk mengumumkan detail penerbangan, tapi karena itu satu-satunya penerbangan di sini, saya akan memberikannya kepada Anda.”

Penumpang bernama Bhavesh Javeri bahkan bercanda dengan kapten bahwa terakhir kali dia menyewa mobil, itu adalah 50 kursi. Awak kemudian membawanya tur ke tiga kelas berbeda di dalam kabin, yang memiliki total 354 kursi. Namun dalam video itu tidak jelas di mana penumpang memesan kursinya dan duduk selama penerbangan.

“Meskipun saya menyadari biasanya ada aturan ketat seputar peningkatan gratis, saya merasa ini adalah salah satu contoh di mana akan lebih tepat untuk menabraknya ke kabin premium, jika dia belum berada di kabin,” ujar penumpang yang memiliki akun Twitter bernama @Ashoke_Raj.

Pesawat Emirates EK-501 tersebut dioperasikan dari bandara di Mumbai tujuan Dubai dengan satu penumpang dan lepas landas pukul 04.30 waktu setempat. Penumpang yang diangkut dari India pun hanya untuk beberapa kategori yang diizinkan masuk ke Dubai yakni, anggota misi diplomatik, pemegang visa emas Uni Emirat Arab (UEA), warga UEA dan penumpang yang dibebaskan atau diberi izin untuk memasuki UEA oleh otoritas yang sesuai.

Selain itu juga penumpang yang bepergian dengan penerbangan bisnis dan memiliki sertifikat uji PCR Covid19 yang valid. Untuk diketahui, UEA telah memberlakukan pembatasan ketat pada perjalanan. Pada 25 April 2021, UEA memberlakukan pembatasan pada orang yang datang ke negara itu dari India. Pada 24 Mei, UEA mengumumkan bahwa mereka memperpanjang larangan India hingga setidaknya 14 Juni 2021.

Baca juga: Jadi Penumpang Tunggal di Penerbangan Garuda Indonesia, Sosok Pengusaha Asal Palu Menjadi Viral

“Emirates telah menangguhkan penerbangan penumpang dari India mulai 24 April 2021 hingga 14 Juni 2021. Selain itu, penumpang yang telah transit melalui India dalam 14 hari terakhir tidak akan diterima untuk melakukan perjalanan dari titik lain ke UEA,” tulis Emirates dalam laman webnya.

Leave a Reply