Gegara Virus Corona Baru, Inilah Daftar Negara-negara yang Melarang Penerbangan dari dan ke Inggris

0
Seorang petugas kebersihan tampak tengah membersihkan lantai di terminal 5 Bandara Heathrow. Nyaris tak ada aktivitas penerbangan di sana. Foto: Richard Heathcote/Getty Images

Inggris dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkonfirmasi bahwa telah ditemukan virus Corona jenis baru. Virus dari hasil mutasi Covid-19 ini disebut 70 persen lebih menular dibanding virus Corona yang kita kenal selama ini.

Baca juga: Masih Karena Covid-19, Arab Saudi Kembali Tutup Penerbangan Internasional, Garuda Indonesia Siapkan Antisipasi

Sekalipun vaksin virus Corona telah ditemukan, didistribusikan ke seluruh dunia, dan bahkan sudah mulai disuntikkan ke masyarakat di beberapa negara, termasuk Inggris yang notabene menjadi episenter penyebaran virus Corona jenis baru, dunia tak sekonyong-konyong menganggap ini remeh.

Sebab, sampai detik ini, belum ada ilmuan yang mengklaim bahwa vaksin Covid-19 Moderna-NIADI, Pfizer-Biontech, Astrazeneca-Oxford atau vaksin virus Corona lainnya terbukti ampuh melawan virus Corona jenis baru itu.

Karenanya, sejak Inggris resmi lockdown pada Sabtu lalu, belasan negara-negara di Eropa, Asia, Amerika Selatan, dan Timur Tengah telah melakukan larangan penerbangan atau pembatasan perjalanan dari dan ke Inggris.

Sekalipun virus Corona jenis baru yang sama dengan Inggris juga ditemukan di berbagai negara, seperti Belanda, Denmark, Australia, dan Afrika Selatan, sejauh ini, pembatasan perjalanan dari negara-negara di dunia baru berlaku hanya untuk Inggris; kecuali Arab Saudi yang benar-benar telah menutup pintu masuk dari seluruh wisatawan asing.

Agar lebih jelas, berikut daftar negara-negara di dunia yang telah mengambil langkah travel ban dari dan ke Inggris, seperti laporan CNN International.

Eropa
1. Belgia
2. Bulgaria
3. Republik Ceko
4. Denmark
5. Perancis
6. Jerman
7. Italia
8. Latvia
9. Lithuania
10. Luksemburg
11. Belanda
12. Republik Irlandia
13. Rusia
14. Spanyol
15. Swedia
16. Swiss

Asia
1. Hong Kong
2. India
3. Iran
4. Pakistan
5. Turki

Timur Tengah
1. Israel
2. Yordania
3. Kuwait
4. Oman

Afrika
1. Maroko
2. Tunisia

Benua Amerika
1. Argentina
2. Kanada
3. Cili
4. Kolombia
5. El Savador
6. Peru

Negara-negara yang tidak melakukan travel ban dan masih memperbolehkan penerbangan dari dan ke Inggris namun dengan protokol kesehatan yang ketat, seperti hasil negatif tes PCR hingga karantina mandiri 14 hari.
1. Ekuador
2. Yunani
3. Portugal
4. Spanyol

Leave a Reply