Gelar “Sayembara”, Hyperloop Akan Saring 10 Ide Jalur Terbaik

Sumber: livetradingnews.com

Dalam upaya menghadirkan moda berkecepatan supersonic, Hyperloop One tidak akan bisa menjalankan misi ini sendirian, bahkan untuk sekelas penemunya sendiri, Elon Musk. Menyadari hal tersebut, Hyperloop One lalu meluncurkan XPrize, sebuah kompetisi bergaya yang bertujuan untuk menyaring berbagai ide tentang rute Hyperloop mana yang paling menjanjikan. Hyperloop One sepakat untuk mengambil 10 pemenang, dengan rute potensial yang mencakup tiga benua dengan jarak lebih dari 6.000 km.

Baca Juga: Elon Musk – Sosok Dibalik Transportasi Ultra Modern

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (15/9/2017), diketahui, pihak Hyperloop One tengah melakukan peninjauan lokasi ke sejumlah negara di dunia untuk menguji kelayakan tempat tersebut, sebut saja Dubai, Finlandia, Rusia, dan beberapa negara lainnya. Ternyata, kompetisi yang dirancang Hyperloop One sejak Mei 2016 ini menarik minat banyak peserta. Ini membuktikan bahwa tingginya minat masyarakat untuk berperan serta dalam pengadaan moda futuristik ini. Terhitung, ada lebih dari 2.600 peserta yang mengikuti ajang ini.

Nantinnya, pihak Hyperloop One akan menyortir 10 pemenang, dimana ada beberapa kriteria penilaian, seperti alasan pengadaan yang terdefinisikan dengan baik, pasar yang kuat, serta dukungan dari publik dan pemangku kepentingan yang terkait. Diantara 10 negara yang akan dipilih proposalnya dan dinyatakan pemenang dalam ajang ini, Amerika Serikat menjadi negara yang paling menonjol dan digalang-galang menjadi negara yang akan keluar sebagai pemenang. Dalam pagelaran ini, Amerika menyumbangkan empat rute berbeda yang menghubungkan sejumlah kota-kota besar.

Diantara semua rute asal Negeri Paman Sam tersebut, sebuah tim bernama Texas Triangle mengajukan proposal yang dapat menghubungkan Houston, Austin, San Antonio, Dallas, dan Laredo dengan jarak mencapai 1.030 km. Rute tersebut disebut-sebut menjadi salah satu rute terpanjang dalam kompetisi ini. Sedangkan rute lainnya mencakup koneksi antara Miami dan Orlando, Chicago dan Pittsburgh dan kota Denver.

Baca Juga: Uji Coba XP-1, Hyperloop: “Teknologi Kami Siap Dipasarkan”

Calon pemenang tersebut tidak hanya berasal dari Negara Adikuasa, salah satu kandidat mengajukan proposal untuk pembangunan jalur Hyperloop One dari Mexico City menuju Guadalajara dengan panjang rute sejauh 532 km. Lalu ada jalu sejauh 640 km yang membentang dari Toronto menuju Montreal, serta koneksi di Inggris yang menghubungkan Edinburgh dan London, via Birmingham dan Manchester.

Namun, Negera produsen film Bollywood, India menyumbangkan ide yang tidak kalah ambisius. Dua proposal yang dikirimkan dari India bisa saja mencuri perhatian dewan penilai, yaitu rute Mumbai – Chennai yang membentang sejauh 1.100 km di sepanjang pantai timur dan barat negara tersebut. Jika suatu saat Hyperloop akan dibangun di jalur Mumbai – Chennai, maka jarak 1.100 km yang terbentang akan ditempuh dalam waktu yang sangat singkat, hanya 63 menit saja, sungguh fantastis!