Genjot Pendapatan Non Tarif, Operator Kereta di India Sulap Gerbong Tua Jadi Restoran

0
Restoran dari gerbong kereta tua di India

Sepertinya gerbong tua kereta api banyak yang dikonversi menjadi restoran. Jejak ini pun diikuti oleh Indian Railways untuk memaksimalkan pendaparan non tarif (tambahan). Di mana West Central Railway telah memutuskan untuk membuka restoran kereta api di tujuh stasiun utama.

Baca juga: Mangaluru di India Punya Restoran yang Terbuat dari Kereta Kuno

Yang mana semua stasiun itu di bawah divisi Jabalpur dan Bhopal yang terletak di negara bagian Madhya Pradesh. KabarPenumpang.com melansir dari laman sumber financialexpress.com (22/9/2021), dalam upaya untuk mendirikan restoran kereta api di stasiun, Indian Railways telah menyelesaikan kontrak di bawah kebijakan pendapatan non tarif.

Sehingga dalam inisiatif tersebut, gerbong kereta tua akan mulai diperbaharui dan diubah menjadi restoran gerbong kereta api. Namun nantinya meski sudah diubah, gerbong itu tetap milik Indian Railways.

Adapun kontrak ini dikatan Indian Railways akan berlaku untuk jangka waktu lima tahun. West Central Railways mengatakan, untuk pembuatan restoran tersebut area seluas 200 kaki persegi telah disediakan di setiap lokasi.

Nantinya diharapkan, dengan inisiatif ini, perkeretaapian zona akan memiliki pendapatan tambahan sebesar Rs4,80 crore pendapatan non-tarif. Di bawah skema pendapatan non-tarif ini, Divisi Kereta Api India Jabalpur berencana untuk mendirikan restoran kereta api di stasiun kereta api Jabalpur, Madan Mahal, Katni Murwara, Satna dan Rewa.

Restoran kereta api itu akan dibuka di area sirkulasi stasiun ini. Sedangkan Divisi Bhopal berencana membuka restoran kereta api di area sirkulasi stasiun kereta api Bhopal dan Itarsi. Tahun lalu, transporter nasional meluncurkan ‘Restaurant on Wheels’ pertamanya di area sirkulasi stasiun Asansol.

Restoran kereta api pertama di jenisnya ini dibuka untuk penumpang Kereta Api serta masyarakat umum Asansol. Pada tanggal 26 Februari 2020, dua Ruang Pensiun AC baru dan Sistem Tampilan Grafik Reservasi Elektronik (melalui dana Skema Pengembangan Wilayah Anggota Parlemen) serta Mobil yang dioperasikan dengan Baterai diresmikan di stasiun kereta api Asansol.

Baca juga: Jadi Restoran Thailand, Gerbong Tua Kelas Satu Intercity 125 Dikembalikan ke Dekorasi Tahun 1980

Restaurant on Wheels yang dibuka di area sirkulasi stasiun kereta api Asansol dikembangkan dengan merenovasi dua gerbong MEMU dari Indian Railways yang sudah tua. Menurut Kementerian Kereta Api, upaya unik ini akan meningkatkan fasilitas di stasiun Asansol dan menghasilkan pendapatan non-tarif sekitar Rs50 lakh dalam lima tahun.