Mangaluru di India Punya Restoran yang Terbuat dari Kereta Kuno

0
kereta kuno di Mangaluru diubah menjadi restoran (newindianexpress.com)

Ketika armada transportasi mulai usang dan tak lagi bisa beroperasi seperti sediakala kemanakah mereka? Di Indonesia ada kuburan kereta, di beberapa negara juga ada kuburan pesawat bahkan kuburan kendaraan yang tak lagi digunakan. Namun meski begitu, tak semuanya teronggok begitu saja seperti barang tak berguna.

Baca juga: Dua Gerbong di Yorkshire Akan Diubah Jadi Pengalaman Tidur di Atas Gerbong

Sebab armada-armada ini bisa disulap alias dirubah menjadi berguna kembali dengan fungsi yang berbeda. Beberapa pesawat telah beralih fungsi sebagai hotel maupun restoran. Gerbong kereta api pun ada yang menjadi hotel, restoran maupun sebuah perpustakaan. Di Mangaluru, India, awal tahun ini tepatnya pada 9 Januari 2020, ada sebuah restoran yang bertemakan kereta api.

KabarPenumpang.com melansir dari laman newindianexpress.com (5/2/2020), restoran ini merupakan yang pertama di Mangaluru dan menarik perhatian para pecinta kuliner. Restoran kereta api ini dibangun sekitar tujuh bulan oleh beberapa arsitek dan desainer interior. Mereka mengubah tampilan kereta api kuno untuk menjadi sebuah restoran. Restoran ini berlokasi di National Highway 66 dengan nama Snackies Resto Cafe.

Dilengkapi dengan pencahayaan lembut dari lampion bergaya antik. Pengunjung yang dapat ditampung restoran ini lebih dari seratus orang dan merupakan gagasan dari AKA Siddique. Dia mengatakan, restoran ini dibuat dari kereta api kuno bernomor 912020 dan dilengkapi bilik telepon, loket tiket, rantai alarm dan pengaturan tempat duduk yang sangat baik, agar pelanggan menikmati suasana ketika makan. Siddique mengatakan, nomor 00 adalah tanggal, bulan dan tahun peluncuran gerai.

“Kami memulai dengan outlet di Attavar pada 2014 dan kemudian outlet kedua di Kankanady. Model kereta di sini adalah yang pertama,” kata Siddique yang berasal dari Kasargod.

Dia terus berkeliling dunia dan saat berada di kereta, dia memikirkan membuka restoran yang meniru model gerbong kereta.

“Pemilik tanah di sini menyewakannya dan butuh waktu hampir tujuh bulan untuk menyelesaikan pembangunannya. Timah, blok berlubang serta lembaran digunakan untuk membangun dinding restoran. Makanannya termasuk kontinental, Italia dan Cina yang disajikan di atas nampan kayu ramah lingkungan untuk menciptakan kesadaran dalam menghindari plastik,” jelas Siddique.

Outlet ini juga memiliki aula pesta di atasnya di mana 60 hingga 70 orang dapat ditampung untuk pertemuan kecil, ulang tahun dan konferensi. Ada juga kotak tempat pelanggan bisa meninggalkan ponselnya dan menghabiskan waktu berkualitas. Pelanggan yang tidak menggunakan ponselnya saat sedang makan akan diberikan kupon hadiah.

Baca juga: Lori, Si Kereta Tebu Yang Kini Sudah Beralih Fungsi

“Restoran bertema gerbong kereta api yang menyajikan makanan lezat adalah salah satu dari jenisnya. Saya merasa seolah-olah saya berada di gerbong yang sebenarnya dan saya belum menemukan restoran seperti itu di Karnataka,” kata Abhishek, seorang pelanggan.

LEAVE A REPLY