Giliran Bus Otonom EasyMile EZ10 Diuji Coba di Australia

0
(newatlas.com)

Bus otonom EasyMile EZ10 kembali melakukan uji coba. Kali ini uji coba perdana tersebut dilakukan di Australia setelah sebelumnya diuji coba di Singapura, California, Swiss dan Finlandia. Nantinya EZ10 akan digunakan dalam program pemerintah BusBot New South Wales yang berlangsung di kota Coffs Harbour.

Baca juga: ComfortDelGro Uji Coba Bus Otonomnya di National University of Singapore

Program ini sendiri akan dimulai dengan kendaraan membawa penumpang di sepanjang jalan Coffs Harbour Marina. Pada 8 April lalu, fase kedua percobaan dimulai dimana bus otonom digunakan untuk mengangkut penumpang di sekitar Desa Pensiun Marian Grove.

KabarPenumpang.com melansir dari laman newatlas.com (13/7/2019), pengguna bisa mulai memanggil kendaraan melalui aplikasi di ponsel pintar yang dibuat oleh perusahaan angkutan umum. Aplikasi tersebut akan merespon dengan memberi tahu penumpang untuk menuju ke halte bus terdekat dimana akan dijemput.

Bus otonom akan tiba dan penumpang naik serta akan diantar ke halte tujuan mereka di desa. BusBot juga merupakan layanan bebagi perjalanan yang dimana beberapa penumpang akan mengambil shuttle ke berbagai tujuan secara bersamaan.

Karena hal ini, maka tidak akan mengikuti rute yang telah ditentukan, tetapi sebaliknya menentukan setiap putaran berdasarkan dimana dan kapan penumpang harus dijemput dan diturunkan.

Layanan ini masih ditawarkan secara gratis dan akan berlangsung selama 22 minggu. Kemudian nantinya dalam fase uji coba ketiga, bus otonom tersebut akan digunakan di kawasan pusat bisnis Coffs Harbour.

Sebelumnya, pada Maret 2019, bus antar jemput otonom ini sudah di uji coba di kampus Ken Ridge National University of Singapore (NUS). Uji coba bus otonom tersebut berlangsung selama satu tahun dan akan di danai oleh Inchcape Singapore.

Bus tersebut diketahui hanya mampu mengangkut 15 penumpang dan melakukan perjalanan sepanjang rute 1,6 km di NUS antara Hang Mui Keng Terrace dan Business Link. Tetapi pada awal uji coba, bus tidak akan membawa penumpang melainkan fokus pada pengumpulan data untuk pemetaan dan sistem navigasi.

Baca juga: Scania Rancang Bus Otonom Multiguna, Dipercaya Mampu Reduksi Tingkat Pencemaran Udara

Selain itu petugas keselamatan juga akan berada di dalam bus untuk memastikan pengoperasian kendaraan yang aman. Bus shuttle akan beroperasi dalam kondisi seperti mengemudi bersama kendaraan lain di jalan. Bus antar-jemput otonom EZ10, berjalan sepenuhnya pada listrik dan memiliki teknologi kendaraan otonom (AV) yang menggabungkan robot dan kecerdasan buatan.

Leave a Reply