Gillig Transit Coach, Inilah Bus Sekolah dengan Kapasitas Terbesar yang Pernah Dibuat

0
Gillig Transit Coach

Gillig Transit Coach merupakan bus sekolah yang memiliki kapasitas terbesar yang pernah dibuat, yaitu dengan 97 kursi penumpang. Gillig Transit Coach juga adalah bus sekolah pertama yang diproduksi dengan tata letak mesin tengah dan juga menjadi yang pertama menggunakan mesin berbahan bakar diesel.

Baca juga: Dulunya Bus Sekolah, Kini Bus Tingkat ini Jadi Penginapan Mewah

Bus sekolah ini diproduksi oleh produsen bus Amerika Gillig dari tahun 1940 hingga 1982. Bus ini juga sering dinamai dengan bus sekolah kuning dan Gillig Transit Coach juga berfungsi sebagai bus motor dan penggunaan komersial lainnya. Dirangkum KabarPenumpang.com dari wikipedia.org, Gillig Transit Coach dipasarkan terutama untuk operator dekat dengan Pantai Barat Amerika Serikat seperti California, Washington dan Oregon.

Bahkan bus ini bersaing secara eksklusif melawan Crown Supercoach yang serupa melalui sebagian besar produksinya. Setelah tahun 1982, Gillig menghentikan Transit Coach setelah 42 tahun produksi dan memusatkan sumber dayanya pada bus transit Gillig Phantom.

Pada 1986, perusahaan memasuki kembali produksi bus sekolah, mengembangkan varian bus sekolah Phantom yang ditawarkan dari 1986 hingga 1993 dan Phantom lantai tinggi diproduksi hingga tahun 2008. Transit Coach diproduksi oleh Gillig di bekas fasilitasnya di Hayward, California, sementara tidak lagi menjadi produsen bus sekolah, Gillig saat ini ada sebagai produsen bus transit terbesar kedua di Amerika.

Untuk diketahui, Gillig Brothers awalnya didirikan tahun 1890 sebagai produsen badan mobil yang dibuat khusus. Kemudian pada 1920-an, perusahaan memproduksi “Gillig top”, hardtop lift-off untuk mobil terbuka yang menyediakan tirai samping yang dapat ditarik. Ketika mobil tertutup menjadi lebih banyak tersedia, perusahaan berfokus pada produksi bodi, memproduksi bodi bus sekolah pertamanya pada tahun 1932.

Selama akhir 1930-an, produsen bus sekolah mulai mengembangkan bus sekolah bergaya transit. Dibandingkan dengan bus sasis berpenutup yang dipasang pada rangka truk, bus bergaya transit memungkinkan kapasitas tempat duduk yang lebih besar dalam panjang badan yang sama, pabrikan juga bereksperimen dengan konfigurasi mesin.

Pada tahun 1960-an, sebagai tanggapan terhadap generasi Baby Boom yang mencapai usia sekolah, bus sekolah bertambah besar untuk mengakomodasi pertumbuhan populasi siswa. Sejak tahun 1948, Bus Transit berkapasitas tertinggi menawarkan tempat duduk untuk 79 penumpang pelajar. Pada tahun 1967, beberapa perubahan dilakukan pada Transit Coach.

Model 743DT-16 diperkenalkan, diperluas dari 13 menjadi 16 baris tempat duduk dengan memperpanjang bodi hingga 41 kaki, membutuhkan gandar belakang tandem. Menawarkan kapasitas tempat duduk 97 penumpang pelajar, DT-16 adalah bus sekolah terbesar yang pernah diproduksi secara massal. Untuk industri bus sekolah secara keseluruhan, awal 1980-an adalah masa perjuangan.

Pada saat yang sama Gillig melakukan facelift pada Transit Coach, dua pabrikan East Coast (Superior dan Ward) telah menutup pintu mereka dan beberapa orang lain juga berjuang secara finansial. Di samping ekonomi resesi, pertumbuhan populasi siswa sebagian besar telah stabil, karena seluruh generasi Baby Boom telah melewati usia pendidikan menengah.

Gillig Corporation, sebagai produsen yang cukup ceruk, melihat penjualan bus sekolahnya turun secara signifikan pada tahun 1980, perusahaan mengakhiri produksi Gillig Coach konvensional seluruhnya. Pada akhir 1970-an, Gillig meluncurkan upaya untuk mendiversifikasi lini produknya setelah usaha patungan dengan Neoplan.

Baca juga: Tarik Bus Sekolah 9 Ton, Pria Asal New York Ikut Kompetisi Ultimate Strongman

Di mana perusahaan mengembangkan bus angkutan massalnya sendiri, yang mengarah ke Gillig Phantom pada tahun 1980. Pada tahun 1982, perusahaan memilih untuk berkonsentrasi pada produksi angkutan massal, mengakhiri produksi Transit Coach setelah 42 tahun produksi berjalan. Pada tahun 1986, penerus Transit Coach diperkenalkan saat Gillig meluncurkan varian bus sekolah Phantom, bus sekolah Phantom ditarik pada tahun 1993.