GoTransit, Fitur Integrasi Multimoda di Aplikasi GoJek

0
GoTransit fitur baru Gojek mudahkan integrasi multimoda (KabarPenumpang.com)

Aplikasi GoJek kini punya fitur baru lagi, yaitu GoTransit yang merupakan solusi komprehensif dalam mengintegrasi transportasi multi moda agar mobilitas perkotaan lebih lancar dan nyaman. Head of Transport Gojek Group Raditya Wibowo mengatakan solusi ini akan membantu pengguna merencanakan serta memantau perjalanan dari dan ke berbagai titik hub transportasi publik melalui rekomendasi rute terintegrasi dan informasi operasional.

Baca juga: Pengguna GoJek Kini Bisa Cek Suhu Tubuh Pengemudi Lewat Aplikasi

Dia mengatakan, layanan GoTransit ini akan memungkinkan pengguna dalam pemesanan maupun pembelian tiket transportasi multimoda. Sehingga perjalanan yang lebih terhubung dipercayai bisa membuat masyarakat lebih banyak menggunakan transportasi publik.

Raditya menyebutkan dalam menggunakan fitur GoTransit, pengguna hanya perlu memasukkan tujuan dan GoJek akan menyarankan transportasi publik terdekat hingga cara mengaksesnya. Meski baru dipromosikan, GoJek telah mempersiapkan sejumlah pengembangan di fitur GoTransit.

“Di atas planning itu banyak yang direncanakan untuk pengembangannya. Seperti operasionalnya, rekomendasi rute dengan transit tersedikit untuk meminimalisir kontak, seramai apa hub public transport-nya hari ini, dan lainnya. Kita juga ingin ada fitur pemesanan tiket multimoda-nya lewat GoJek. Butuh kolaborasi operator public transport di Jakarta. Misalnya user ingin beli perjalanannya dalam satu paket juga bisa biar tidak bayar berkali-kali,” kata Raditya.

Sebelum hadirnya GoTransit ini, GoJek sudah menghadirkan layanan GoRide Instan di empat stasiun terpadu yakni Stasiun Juanda, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Sudirman dan Stasiun Tanah Abang.

Dikutip KabarPenumpang.com dari siaran pers yang diterima, GoJek sama sekali tidak melihat transportasi publik dan angkutan berbasis aplikasi sebagai saingan, bahkan hubungan keduanya saling melengkapi. Rangkaian solusi GoJek termasuk GoRide dan GoCar menjadi pilihan utama masyarakat sebagai sarana penghubung awal dan akhir perjalanan bagi pengguna transportasi publik di Jabodetabek.

“Dengan GoJek, transportasi publik lebih mudah dijangkau dan lebih sering digunakan masyarakat. Hal ini terbukti dari jumlah perjalanan dengan Gojek dari dan menuju hub transportasi yang meningkat 46 persen setiap tahunnya,” kata Raditya.

Baca juga: Hasilkan Banyak Keuntungan, Namun GoJek dan Grab Justru PHK Karyawan

Menurutnya, Kenaikan tersebut menunjukkan kehadiran layanan GoRide dan GoCar telah menjadi bagian penting yang melengkapi transportasi publik, guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di wilayah urban seperti Jabodetabek. Dimana data internal GoJek menyatakan satu dari dua pelanggannya pernah menggunakan layanan GoJek dari atau menuju ke hub transportasi lainnya.

Leave a Reply