GrabPet Hadir Untuk Angkut Hewan Piaraan di Singapura

(channelnewsasia.com)

Meluncurkan berbagai layanan pada aplikasinya, bagi Grab bukanlah hal baru lagi. Sebab selain untuk menjawab tantangan, Grab juga membantu untuk mempermudah dalam layanan ride hailingnya. Seperti warga Singapura yang sebentar lagi akan dimudahkan untuk mengangkut hewan piaraan mereka menggunakan aplikasi Grab.

Baca juga: Siap ‘Bertarung’ di Jakarta, GrabBajay Kini Tengah Matangkan Uji Coba

Pasalnya Grab baru saja meluncurkan layanan dengan mode beta untuk pilihan GrabPet pada Rabu (20/2/2019) kemarin. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman channelnewsasia.com (20/2/2019), Grab menghadirkan layanan ini juga tidak begitu saja dimana, pengemudi diberikan pelatihan penanganan hewan peliharaan saat mereka menaiki kendaraan.

Daftar hewan piaraan yang bisa dibawa (channelnewsasia.com)

Tarif untuk pengangkutan hewan peliharaan ini dimulai S$14 atau Rp145 ribu. Hampir semua peliharaan berbulu yang disetujui Agri-Food dan Veterinari Authority di Singapura diizinkan dalam GrabPet. Namun ada pengecualian untuk burung, karena penyegar udara yang digunakan kendaraan bisa menimbulkan risiko bagi unggas.

Meski ada layanan GrabPet, pemilik atau pengasuh hewan piaraan tersebut tetap harus ikut dalam kendaraan alias hewan tidak bepergian sendiri. Untuk menggunakan layanan ini, Grab membatasi maksimal hanya dua hewan peliharaan satu berukuran sedang dan satu berukuran besar yang diizinkan dalam GrabPet.

Hewan-hewan ini pun harus masuk dalam kandang atau diikatkan tali pengaman di lehernya. Pihak Grab mengatakan, ada ratusan mitra pengemudi yang sudah dilatih dalam layanan terbaru mereka tersebut. Kendaraan akan dilengkapi dengan kit di dalam mobil termasuk penutup kursi belakang, handuk serat mikro dan penyegar udara.

Grab juga menyediakan perlindungan asuransi tambahan untuk hewan peliharaan, penumpang, dan mitra pengemudi di wahana GrabPet yang pertama untuk layanan transportasi hewan peliharaan di Singapura.

(channelnewsasia.com)

“Meskipun ada layanan transportasi hewan peliharaan yang ada di pasar, sebagian besar dari mereka biasanya memerlukan pemesanan atau pemesanan terlebih dahulu. Dengan GrabPet, pemilik hewan peliharaan dapat memesan tumpangan sesuai permintaan, 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu, selama ada pengemudi yang tersedia di sekitarnya,” ujar pernyataaan dari Grab.

Pemilik hewan peliharaan sebelumnya dapat mengangkut hewan mereka dengan opsi naik Uber’s uberPET, yang diluncurkan pada Oktober 2017. Namun, layanan itu berhenti setelah operasi Asia Tenggara Uber dibeli oleh Grab tahun lalu. Ryde juga memiliki opsi carpool yang disebut RydePet, dengan tarif hingga 25 persen lebih tinggi daripada carpool normal.

Baca juga: Grab Gandeng HOOQ, Hadirkan Video di Dalam Aplikasi

Hewan yang diizinkan di RydePet termasuk anjing, kucing, kelinci, kura-kura, hamster, burung di kandang dan ikan di akuarium kecil atau kantong plastik. Untuk menandai peluncuran beta GrabPet di Singapura, Grab akan menyumbangkan S$3 atau Rp31 ribu dari setiap perjalanan GrabPet ke Masyarakat untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Hewan (SPCA) di Singapura untuk bulan berikutnya.