Guardian Optical Techonologies, Solusi Selamatkan Anak Yang “Tertinggal” di Dalam Kendaraan

Advanced Sensor Technology, Guardian Offers Solution to Heartbreaking Problem of “Hot Car” Infant Fatalities(The Auto Channel)

Meninggalkan seorang bayi atau anak kecil di dalam mobil sendirian dengan keadaan terkunci merupakan sebuah kesalahan besar. Di Amerika Serikat, seorang anak tercatat tewas sepuluh hari sekali yang diakibatkan sengatan panas kendaraan. Biasanya dikarenakan pengasuh atau orang tua lupa bahwa anak tersebut tertinggal di kursi belakang saat turun dari mobil.

Baca juga: Stiker “Baby on Board” Ternyata Bisa Picu Kecelakaan Lalu Lintas

KabarPenumpang.com melansir dari laman businesswire.com (9/1/2018), Guardian Optical Techonologies mencari solusi tersebut dengan teknologi patent pending yang canggih untuk mengingatkan penumpang tersebut sadar akan apa yang ada di kendaraan supaya lebih aman dan tidak lagi terjadi hal fatal. Dengan menggunakan sensor ini bisa memantau seluruh isi mobil.

Sistem otomatis Guardian juga bisa mendeteksi detak jantung hingga gerakan sekecil apapun. Sistem ini dibuat untuk bekerja dengan berbagai macam perangkat baik perangkat keras maupun lunak pada otomotif. Salah satunya adalah sistem keamanan bawaan seperti sabuk pengaman dan airbag.

Adaya teknologi ini juga mampu membuat pengemudi sadar akan kondisi yang terjadi di mobil mereka dan bisa menghindari kesalahan manusia yang berbahaya. Sebab teknologi Guardian yang diadopsi ini belum bisa ditandingi teknologi manapun serta mampu menyelamatkan sekitar 37 kehidupan anak setiap tahunnya.

“Guardian didedikasikan untuk melindungi pegemudi dan penumpang, jadi kejadian dimana bayi dan anak-anak dibiarkan dalam mobil panas adalah area yang sangat sensitif bagi kita, dan kita berkomitmen untuk menghindari. Tragedi seperti ini dapat dicegah, dan kami menawarkan teknologi terobosan yang bisa membantu mereka. Misalnya, jika bayi dibiarkan sendirian di dalam mobil yang panas, sistem Guardian berpotensi memicu serangkaian alarm langsung, yang menyebabkan penyejuk udara dihidupkan, dan seruan untuk bantuan datang dari keluar,” kata pendiri dan CEO Gil Dotan.

Guardian menggabungkan pengenalan gambar video 2D, pemetaan kedalaman 3D dan analisis gerak optik mikro untuk selalu memindai, melacak penghuni serta benda di mana saja di dalam kendaraan, menggunakan komponen otomotif kelas rendah, sebuah industri yang pertama. Sensor tersebut mengidentifikasi lokasi dan dimensi fisik semua orang di dalam mobil, membedakan orang dari objek dengan mendeteksi getaran mikro, sistem dapat mendaftar dalam beberapa kasus, kehadiran bahkan tanpa penglihatan langsung.

Baca juga: Coba Peruntungan, Sony Ciptakan Mobil Otonom Futuristik!

Teknologi Guardian menggunakan pembelajaran mesin bersama dengan pengaturan optiknya yang unik. Bersifat real time, didukung big data yang  komprehensif dari analisis gerak dan masukan 3D serta digabungkan dengan analisis citra umpan video sensor, maka outputnya dapat memberikan analisis lengkap tentang kendaraan pengemudi dan penumpang.