Gunakan Satu Jenis Pesawat, Jadi Jurus AirAsia Tetap Efisien dengan Harga Tiket Terjangkau

0
Sumber: Tribun

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah? Namun pertanyaan ini agaknya sedikit retoris dan kenyataan di lapangan menunjukkan fakta yang sebaliknya. Ya, masifnya pemberitaan media tentang tingginya harga tiket pesawat memang sudah membumbung sejak sebelum Hari Raya Idul Fitri kemarin, dan hal ini sedikit banyaknya berpengaruh terhadap minat mudik para pendatang untuk kembali ke kampung halaman – terutama yang berasal dari luar Pulau Jawa.

Baca Juga: Ekspansi Bisnis Besar-Besaran, AirAsia Berencana untuk Ganti Slogan!

Beberapa waktu yang lalu, Pemerintah sempat terjun langsung untuk mengatasi polemik ini – yaitu dengan ‘mengancam’ akan mengijinkan maskapai asing untuk membuka rute domestik di Indonesia. Di tengah kondisi seperti ini, ada satu maskapai yang seolah tidak terinterupsi oleh isu mahalnya harga tiket penerbangan. Ya, AirAsia!

Para pemain di sektor aviasi ini mengeluhkan tingginya harga tiket yang ditawarkan kepada penumpang lantaran harga avtur yang tinggi, pajak, hingga menguatnya kurs dollar terhadap rupiah. Namun hal-hal ini seolah tidak berlaku bagi AirAsia dan tentu Anda pasti bertanya-tanya, apa rahasianya AirAsia tetap bisa mengontrol harga jual tiketnya kepada penumpang?

Sebagaimana yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan, pihaknya berupaya melakukan efisiensi di semua unsur pengoperasiannya.

“Kenapa kami bisa murah atau efisien? Satu, kami hanya operasikan Airbus A320. Satu tipe. Ini memudahkan managing human resources kami. Pilotnya, krunya, engineer-nya ya cuma satu sertifikatnya untuk A320,” ujar Dendy, dikutip dari laman Kompas.com (25/6/2019).

“Jadi ini nilai plus kami dibandingkan maskapai lain yang mengoperasikan tipe pesawat lain. Kalau kami ada yang sakit, pilot cadangan bisa langsung menggantikan. Itu dari sisi kru,” imbuhnya.

Ternyata strategi yang dilakukan oleh AirAsia Indonesia ini berdampak pada tetap stabilnya harga tiket dari maskapai berbiaya rendah asal Malaysia – bahkan, AirAsia Indonesia masih getol memberikan berbagai macam promo kepada penumpang.

“Saya bisa sampaikan bahwa harga kami, tarif kami AirAsia Indonesia masih yang paling terjangkau saya rasa,” terangnya.

Terkait dengan adanya himbauan dari Pemerintah untuk menurunkan harga tiket pesawat, Dendy dengan lantang menyebutkan bahwa himbauan tersebut ditujukan bagi para rivalnya.

Baca Juga: Siap Saingi AirAsia, Scoot Minat Buka Rute Domestik di Indonesia

“Kami tidak usah turunkan pun, harga kami selama ini selalu yang paling terjangkau. Kami rasa mungkin imbauannya itu bukan ke kami. Kami sudah murah kok,” ujar Dendy, dikutip dari laman sumber lain.

“Kalau mungkin bisa lebih murah lagi kenapa tidak, pasti akan kami lakukan (penurunan tarif). Kami selalu akan patuh, kalau dari pemerintah ada surat secara resmi menyampaikan spesifik rute yang diharapkan AirAsia memberikan diskon,” jelasnya.

 

Leave a Reply