Hadapi Tol dan Penerbangan LCC, PT KAI Rancang Layanan “Door to Door Services”

0
M. Kuncoro Wibowo

Bakal hadirnya akses tol jarak jauh (Jakarta – Surabaya) dan tren penerbangan LCC (Low Cost Carrier) membuat PT KAI (Persero) harus mempersiapkan strategi baru dalam penyediaan layanan kereta api. Meski tak menawarkan peningkatan kecepatan luncur kereta, atau mempersingkat durasi perjalanan. BUMN ini dalam waktu dekat akan menyiapkan layanan baru yang disebut sebagai “Door to Door Services.”

Model dari layanan yang rencananya akan dihadirkan sebelum tutup tahun 2017 ini adalah pengintegrasian ekosistem layanan yang terkait perjalanan kereta. “Kami sedang merancang gateway layanan terpadu dalam perjalanan kereta, seperti pemesanan makanan di kereta, jumlah barang bawaan, layanan porter di stasiun, sampai transportasi dari stasiun menuju daerah tujuan dapat dilakukan lewat sistem satu pintu,” ujar M. Kuncoro Wibowo, Direktur Komersial PT KAI kepada KabarPenumpang.com, Kamis malam (23/3/2017). Ditambahkan, bahwa sistem “door to door services” akan memudahkan penumpang untuk merancang perjalanan lebih baik, dan total biaya perjalanan dapat diketahui lebih dini. Mendukung door to door services, layanan premium ala penumpang pesawat juga akan digelar PT KAI dengan menerapkan miles program dan redeem point.

Kuncoro yang sukses menghantarkan PT KAI dalam menggelar layanan e-ticketing menyebutkan, bahwa peran porter di stasiun akan lebih ditata. “Dengan door to door services penumpang bisa memesan jasa angkut porter sebelum tiba di stasiun tujuan, setiba di stasiun tujuan, porter akan langsung menghampiri penumpang untuk membantu mengangkat barang bawaan dari gerbong. Tenaga porter tidak akan ditambah, kami akan menggunakan tenaga eksisting yang ada,” tegas M. Kuncoro.

Masih terkait door to door services, kini PT KAI sedang melakukan pembicaraan dengan penyedia layanan taksi untuk melakukan sinergi. Di bulan April mendatang, PT KAI dikabarkakan juga akan melakukan perubahan besar pada portal penumpang kai.id, salah satunya dengan menghadirkan menu ‘informasi penumpang’ yang menyajikan beragam hal tentang info yang dibutuhkan, seperti lokasi hotel terdekat dari stasiun, tujuan wisata, dan pilihan transportasi.

Leave a Reply