Halte Bus di Yerusalem Diubah Jadi Perpustakaan Tiga Bahasa

0
Perpustakaan jalanan dengan tiga bahasa di Yerusalem bangunannya bekas halte bus (jpost.com)

Di Yerusalem sebuah halte bus tua diubah menjadi perpustakaan jalanan dan pertama kali dibuka dengan tiga bahasa . Perpustakaan ini letaknya di Abu Tor yang memiliki lingkungan campuran Arab-Yahudi. Disebut dengan tiga bahasa karena buku di perustakaan tersebut ditulis dalam bahasa Inggris, Ibrani dan Arab.

Baca juga: Books On a Bus, Perpustakaan Mobile yang Sambangi Daerah Berpenghasilan Minim

KabarPenumpang.com merangkum jpost.com (5/4/2021), kehadirannya dimulai saat penguncian atau lockdown perama akibat virus corona ketika Lauri Donahue mulai mengirim buku ke Gaza dan buku tambahan yang akan dikirim dihentikan karena pandemi. Karena tak ingin terbuang percuma dirinya mengirim ke grup WhatsApp di lingkungan Abu Tor dan bertanya apakah ada yang menginginkan buku.

Tak hanya itu, Lauri juga mengirim ke beberapa orang yang tinggal sekitar seratus meter dari rumahnya. Karena selama beberapa minggu mengantar ke rumah tetangga, dia kemudian mencari cara lain yakni bekerja sama dengan Good Neighbours yang merupakan kelompok mengatur kegiatan antar agama dan penduduk di Abu Tor.

Dalam kerja sama tersebut, kelompok itu menginginkan perpustakaan jalanan kira-kira selusin yang tersebar di seluruh Yerusalem dan sepakat lokasinya berada di taman lingkungan. Setelah persetujuan, kelompok itu membawa arsitek bernama Matti Rosenshine untuk merancang perpustakaan dari halte bus tua. Buku tersebut dikirim pada Januari 2020 dan perbaikannya sebagai perpustakaan jalanan hampir selesai.

“Keseluruhan konsep di balik proyek ini adalah penggunaan kembali halte bus yang sudah ada daripada menciptakan sesuatu yang baru dan menjadi seefisien mungkin. Ini melibatkan pembuatan papan buletin bercat hijau dikombinasikan dengan rak berwarna kuning bagus dibagi menjadi tiga bagian yakni Inggris, Arab dan Ibrani. Idenya adalah memiliki rak rendah untuk anak-anak,” kata Rosenshine.

Dia menambahkan bahwa proyek selanjutnya adalah mendirikan atap tahan cuaca di atas bekas halte bus, dan kemudian menempatkan tanaman di sisi bangunan yang akan tumbuh untuk memberi keteduhan. Selain itu akan ada tanda dalam ketiga bahasa dengan nama perpustakaan “Pemberhentian Buku Abu Tor“.

Baca juga: North Carolina Canangkan Halte Bus dengan Tenaga Surya

Perpustakaan Abu Tor juga unik karena semua perpustakaan jalanan lainnya di Yerusalem berada di lingkungan Yahudi, kecuali satu di lingkungan Arab di Beit Safafa. Nofar Kahana, koordinator Proyek Tetangga Baik mengatakan, ini perpustakaan pertama dalam komunitas bersama dan pentingnya perpustakaan itu berada di taman yang dikunjungi semua orang tempatnya strategis. Perpustakaan Abu Tor menunjukkan pentingnya perpustakaan jalanan ke Yerusalem.

Leave a Reply