Hantu di MRT Singapura Sukses Ramaikan “Halloween Horror Night”

Halloween Horror Nights (RWScoop)

Entah rumor atau memang fakta, adanya hantu alias mahkluk halus di wahana transportasi selalu menarik diperbincangkan, terlebih bila kabar adanya hantu terkait dengan moda angkutan massal, makin klop-lah fenomena hantu tersebut sebagai bagian dari urban legend. Pun adanya hantu yang hadir di jaringan kereta bawah tanah, rasanya kerap kita dengar kisahnya mulai dari Amerika Serikat sampai Eropa Barat.

Baca juga: Tak Hanya Satu, Ada 4 Stasiun MRT Singapura yang Terkenal Angker

Dan tak jauh dari Indonesia, Singapura yang telah mengoperasikan MRT sejak 32 tahun silam, juga punya kisah-kisah mistis yang mengerikan di mata warga Negara Pulau tersebut. Namun, sosok hantu MRT Singapura berhasil dikemas dalam sebuah pertunjukan menarik.

Bagaimanakah Singapura mengangkat urban legend tersebut dan membuatnya sebagai pertunjukkan menarik? Dilansir KabarPenumpang.com dari laman dejiki.com, Universal Studio Singapura menghidupkan cerita urban legend ini dengan penampilan Halloween Horror Nights (HHN) 5 yang pernah berlangsung selama 14 hari pada tahun 2015 lalu.

Tema yang diangkat adalah True Singapore Ghost Stories: The MRT dimana salah satu urban legend adalah cerita horor di empat stasiun MRT Singapura. Wakil Presiden Objek Wisata di Resort World Sentosa Jason Horkin mengatakan, penduduk lokal tidak benar-benar takut dengan hantu barat. Sebab mereka lebih suka cerita-cerita Asia.

Sehingga USS membuat empat rumah berhantu dan tiga zona untuk menakut-nakuti pengunjung di taman hiburan. Andrea Teo, produser eksekutif HHN 5 mengatakan, tiga rumah dibuat dengan sentuhan lokal yang membawa ketakutan bagi pengunjung.

“Berharap untuk melihat pemandangan dan cerita rakyat yang akrab di tiga rumah berhantu bertema lokal dengan rumah keempat yang menampilkan pengalaman bawah tanah yang intens. Tema untuk acara Halloween ikonik Asia Tenggara tahun ini mengelilingi kebangkitan bulan darah, yang akan menyebarkan kehancuran ke kehidupan,” ujar Teo.

Dia menambahkan, Rumah berhantu ini akan menampilkan tokoh-tokoh yang dikenal dalam alur cerita asli yang dibuat hanya untuk HHN 5 dan terinspirasi oleh kisah-kisah penampakan paranormal di kereta. Ini akan menjadi perjalanan yang tiada duanya karena kuntilanak dan tuyul akan muncul.

True Singapore Ghost Stories pada dasarnya adalah orang Singapura dan saya gembira bahwa Universal Studios Singapura telah mengembangkan dimensi baru yang menarik ini untuk seri buku. Jalan cerita untuk rumah berhantu ini terinspirasi oleh laporan penampakan paranormal di kereta, dan penggemar dapat berharap untuk melihat karakter dari halaman True Singapore Ghost Stories berubah menjadi kenyataan. Tim kreatif di balik Universal Horror Nights Halloween Universal Studios Singapura telah melakukan upaya penuh semangat dalam upaya ini dan saya yakin para penggemar sama bersemangatnya dengan saya untuk naik kereta ini,” tambah Russell Lee seorang penulis cerita hantu lokal.

Di Siloso Gateway Block 50, pemandangan yang akrab dari lingkungan tersebut disuntikkan dengan twist yang menyeramkan ketika wabah virus mengubah penduduk menjadi burung pemakan bangkai. Gerbang neraka akan terbuka sekali lagi di Hell House ketika patung kertas memerintah dan para tamu melakukan perjalanan melalui Neraka. Tunnel People, rumah kegelapan pertama di acara ini, akan membuat para tamu merasakan jalan mereka melalui benteng Tunnel People dalam kegelapan.

Baca juga: Legenda Kereta Hantu Manggarai, Antara Fakta dan Mitos

Zona menakut-nakuti mendalam tahun ini termasuk Hantu Lapar di zona Lost World,  yakni sebuah desa tersembunyi dengan penduduk desa terkutuk ditakdirkan untuk menjalani ritual dan doa setiap hari.