Hanya Punya Dua Stasiun, Jalur Shibayama Adalah Yang Terpendek di Jepang

0
Seperti lokasi syuting film zombie, ini Stasiun Higasi-Narita. Foto: Sora News 24

Jepang, punya banyak jaringan kereta api dan salah satunya memiliki jalur terpendek yakni jalur Shibayama. Bahkan bisa jadi, Jalur Shibayama bukan hanya terpendek di Jepang tetapi juga di dunia. Jalur ini memiliki panjang 2,2 km dan hanya memiliki dua stasiun yakni Higasi-Narita dan Shibayama-Chiyoda.

Baca juga: Stasiun Seiryu Miharashi di Jepang, Stasiun Unik Tanpa Pintu Keluar

KabarPenumpang.com melansir soranews24.com (13/6/2021), meski begitu jalur ini terhubung ke kereta listrik Keisei dan Stasiun Higashi-Narita dapat diakses dengan naik kereta selama lima menit dari Stasiun Keisei-Narita. Anehnya penumpang tidaklah ramai bahkan bisa dikatakan seperti tidak ada orang.

Jalur Shibayama adalah jalur kereta api terpendek di Jepang. Foto: Sora News 24

Saat akan membeli tiket dengan menaiki eskalator, suasana cukup mengerikan karena sepi dan penumpang bisa saja ragu bahwa itu adalah stasiun kereta. Nyatanya, perjalanan menuju ke Shibayama-Chiyoda dari Higashi-Narita memakan waktu hanya dua menit.

Seperti namanya, Stasiun Higashi-Narita dekat dengan Bandara Internasional Narita, dan pelancong bisa melihat sekilas beberapa pesawat dalam perjalanan. Berbeda dengan Stasiun Higashi-Narita, Stasiun Shibyama-Chiyoda seperti halnya stasiun pada umumnya.

Sebab Stasiun Shibyama-Chiyoda berada di atas tanah dan meski berada dekat Bandara Narita, tetapi memiliki suasana pedesaan yang cukup indah. Tidak ada toko serba ada atau toko di sekitar stasiun, dan jadwal bus menunjukkan hanya dua bus yang berangkat dari stasiun setiap hari.

Keunikan pun terlihat di Stasiun Shibyama-Chiyoda, di mana stasiun ini hanya menawarkan satu pilihan tiket yakni kembali ke Higashi-Narita. Dengan hanya dua stasiun, pasti banyak yang bertana kenapa jalur ini ada?

Tampaknya jalur tersebut dibuat atas permintaan masyarakat Kota Shibayama, dan terutama digunakan oleh pekerja Bandara Narita dan penggemar kereta api. Meskipun sekarang akses Bandara Narita tampaknya lebih mudah melalui stasiun Keisei-Narita, hingga sekitar 30 tahun yang lalu Higashi-Narita benar-benar berfungsi sebagai stasiun kereta api bandara utama, dan bahkan disebut “Stasiun Bandara Narita.”

Baca juga: Stasiun Yumegaoka Disebut “Bukit Harapan” dan Tiketnya Jadi Jimat Keberuntungan

Bahkan saat ini, terowongan bawah tanah langsung menghubungkan stasiun Higashi-Narita ke Bandara Narita. Berjalan hanya 500 meter melalui underpass ini dan Anda bisa mencapai bandara, meskipun faktanya masih belum ada tanda-tanda kehidupan sama sekali.