Stasiun Seiryu Miharashi di Jepang, Stasiun Unik Tanpa Pintu Keluar

0
Stasiun Seiryu Miharashi (Instagram niepongt3)

Sebagaimana lazimnya, stasiun kereta menjadi tempat penumpang untuk naik dan turun moda transportasi berbasis rel ini. Setelah itu penumpang akan melanjutkan perjalanan menuju tujuan mereka melalui pintu yang disediakan. Namun, bagaimana jika stasiun hanya bisa untuk tempat naik dan turun tetapi tidak bisa keluar karena akses satu-satunya hanya kereta api.

Baca juga: Bukan Monster, Ada Shakoki-Dogu di Stasiun Kizukuri Simbol Kota Tsugaru

Tapi apakah stasiun seperti itu ada? Nyatanya di Jepang ada stasiun seperti itu. Stasiun tersebut bernama Stasiun Seiryu Miharashi yang berada di jalur Nishikigawa Seiryū di prefektur Yamaguchi, Jepang. Stasiun ini dioperasikan oleh Nishikigawa Railway yang merupakan perusahaan kereta api sektor ketiga di Jepang.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kz (@niepongt3)


KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, Stasiun Seiryu Miharashi yang dibuka pada 19 Maret 2019 memberikan suguhan lanskap yang indah. Sehingga meski penumpang tidak bisa keluar dari stasiun mereka bisa menikmati alam yang ada disekitar stasiun tersebut.

Bisa dikatakan tidak adanya pintu untuk keluar di stasiun ini karena desain tujuan utamanya adalah mendorong para pelancong meluangkan waktu untuk mengagumi alam sekitar sebelum melanjutkan perjalanan mereka. Nama stasiun ini secara harafiah bila diterjemahkan menjadi “Platform Menonton Aliran yang Jelas”, merujuk pada posisinya yang menghadap ke Sungai Nishiki.

Meski begitu, di Stasiun Seiryu Miharashi hanya ada beberapa kereta khusus yang berhenti. Ketika penumpang turun dan kereta melanjutkan perjalanannya, maka pelancong akan benar-benar terisolasi di lingkungan pegunungan dan harus menunggu kereta lain yang berhenti ketika akan melanjutkan perjalan karena tidak ada jalan atau jalan setapak yang menuju ke dan dari stasiun.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AquaTakaKuri (@aqua_takakuri)


Sifat unik dari stasiun ini membuatnya menjadi perhentian populer bagi para pelancong dan penggemar kereta api. Mereka yang cukup beruntung untuk melakukan perjalanan dapat melihat sekilas keindahan kawasan yang belum tersentuh dan dapat menghargai waktu yang mereka miliki untuk bersantai dan menghabiskan waktu di sana.

Baca juga: Unik, Stasiun Metro di Moskow Terhubung dengan Tujuh Apartemen Peninggalan Uni Soviet

Untuk diketahui, biaya pembangunan Stasiun Seiryu Miharashi sekitar 112 juta yen atau sekitar Rp14.9 miliar. Stasiun dibangun dengan platform atau peron yang langsung menghadap ke Sungai Nishiki.

Leave a Reply