Hari Ini! 111 Tahun Lalu Penerbangan Perdana Pesawat Penumpang Rakitan Wright Bersaudara

Kitty Hawk. Sumber: ThoughtCo

Sektor kedirgantaraan global yang kini sudah serba canggih tidaklah lepas begitu saja dari peran para pendahulunya. Ya, para penggagas aviasi ini memang patut diapresiasi karena tanpa mereka, mungkin tidak akan ada pesawat yang menghiasi angkasa sekarang ini. Nah, bertepatan dengan tanggal 14 Mei yang jatuh pada hari ini, 111 tahun yang lalu (tahun 1908), salah satu penggagas hadirnya pesawat sebagai moda transportasi Wilbur Wright untuk pertama kalinya menerbangkan pesawat penumpang di langit luas. Wah, bagaimana ceritanya ya?

Baca Juga: Sarah van Deman, Penumpang Wanita Pertama dalam Sejarah Kedirgantaraan

Tentu saja, ini bukanlah penerbangan besar seperti yang ada seperti dewasa ini – melainkan hanya diisi oleh seorang penumpang yang bernama Charley Furnas. Dengan menggunakan pesawat Kitty Hawk, baik kakak dari Orville Wright dan Charley hanya melakukan penerbangan singkat. Lalu di hari yang sama pula, Charley juga diminta untuk kembali menjadi penumpang pada penerbangan yang dilakoni oleh Orville Wright.

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman wrightstories.com, dalam penerbangannya bersama Orville, Charley berhasil mengitari sekira 4.506 yards dalam waktu empat menit beberapa detik.

Ya, Wright bersaudara berada di dalam Kitty Hawk untuk menguji pesawat yang sudah mereka modifikasi untuk membawa pilot dan penumpang sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan sebelumnya oleh Angkatan Darat Amerika Serikat.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, mengapa harus Charley yang diajak oleh Wright bersaudara dalam perjalanan perdananya ini? Sederhanya saja, jawabannya adalah karena Charley seorang mekanik yang telah mendedikasikan pengetahuan dan kepiawaiannya untuk membantu Wright bersaudara mengembangkan pesawat Kitty Hawk.

Baca Juga: Dihilangkan dari Dunia Aviasi Modern, Kira-Kira Inilah Tugas Seorang Flight Engineer

Sebenarnya, Kitty Hawk ini adalah hasil upgrade dari pesawat yang sebelumnya pernah diciptakan – adanya kontrol tegak dan bangku kedua yang ditujukan untuk tempat duduk penumpang. Ya, singkat cerita setelah Wright bersaudara sukses memperbarui pesawat yang sesuai dengan persyaratan Angkatan Darat Amerika Serikat, dan uji coba perdananya tercatat sebagai penerbangan penumpang pertama di dunia.

Sejak saat itu, inovasi demi inovasi mulai disematkan pada si burung besi dan hingga pada akhirnya bisa mencapai titik yang sudah serba canggih seperti sekarang ini.