Sarah van Deman, Penumpang Wanita Pertama dalam Sejarah Kedirgantaraan

0
Sumber: Daily Republic

Ketika berkendara menggunakan sarana transportasi berbasis massal, bersinggungan dengan penumpang merupakan hal yang sangat lumrah, tidak terkecuali di sektor kedirgantaraan. Mobilitas dengan menggunakan pesawat memang kerap dijadikan opsi berkendara oleh sebagian orang yang tidak ingin berlama-lama di jalan. Ngomong-ngomong soal penumpang, tahukah Anda siapa penumpang pesawat pertama di dalam sejarah aviasi Negeri Paman Sam?

Baca Juga: Allan Lockheed, Founder Lockheed Corporation yang Pernah Jadi Salesman Real Estate

Penumpang pertama pesawat bukanlah seorang pria, melainkan seorang wanita yang bernama Sarah van Deman. Sarah sendiri merupakan penduduk asli Dixon, Illinois yang mendampingi Wilbur Wright (kakak dari Orville Wright) ketika menerbangkan pesawat yang dirakit oleh Wright Bersaudara.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, kala itu Wilbur yang berperan sebagai pilot memerintahkan Sarah van Deman untuk tetap duduk di pesawat Wright 1909 Military Flyer, sementara pesawat itu didorong oleh sembilan tentara untuk kembali ke posisi semula setelah percobaan terbang pertama kali gagal.

Sarah van Deman

“Jeritan kecil terdengar sesaat sebelum pesawat Wright 1909 Military Flyer jatuh menghantam bumi,” tutur salah satu sejarawan di sektor aviasi global, David Trojan.

Ya, jeritan tersebut menandakan kegagalan pertama Wilbur Wright dalam menerbangkan pesawat biplane rakitannya. Percobaan kedua bisa dibilang jauh lebih sukses ketimbang yang pertama, dimana Wright 1909 Military Flyer berhasil mengudara selama kurang lebih empat menit di ketinggian 60 kaki dengan kecepatan 60mph. Keberhasilan itu pun lalu disambut sorak sorai dari para penonton yang menghadiri momen terpenting dalam sejarah aviasi global yang terjadi pada tanggal 27 Oktober 1090 ini.

“Secara teknis, itu juga merupakan kecelakaan pesawat pertama yang melibatkan seorang penumpang wanita berkebangsaan Amerika,” lanjut David Trojan.

Mengapa harus Sarah van Deman yang menjadi penumpang pesawat wanita pertama? Bukahkah di luar sana ada banyak wanita lain yang bisa dijadikan ‘kelinci percobaan’? Jawabannya sederhana, karena Sarah van Deman merupakan karib dari Katherine Wright, saudara perempuan Orville dan Wilbur Wright.

Baca Juga: Pratiwi Pujilestari Sudarmono – Calon Astronot Pertama Indonesia yang Terpaksa Mengubur Asanya Ke Luar Angkasa

Setelah Wilbur Wright menjelaskan bagaimana pesawat bekerja, Sarah van Deman naik ke kursi penumpang. Lalu Wilbur dan seorang perwira tentara yang mendampingi prosesi terbang tersebut mengikatkan tali – seperti sabuk pengaman di paha Sarah dan seperti yang sudah disebutkan di atas, para penonton mengapresiasi penerbangan kedua Wilbur Wright.

Sarah van Deman sendiri meninggal pada tahun 1967 di usianya yang ke 86 tahun.

 

 

Leave a Reply