Hari ini, 135 Tahun Lalu, Carl Benz Patenkan Mobil Berbahan Bakar Bensin yang Jadi Cikal Bakal Mobil Modern

0
Mobil berbahan bakar bensin pertama dirancang Carl Benz

Siapa yang tak kenal dengan Carl Benz? Dia adalah seorang pendiri mobil mewah saat ini yakni Mercedes-Benz. Ternyata, Carl Benz juga merupakan orang yang mematenkan mobil berbahan bakar bensin pertama. Mobil berbahan bakan bensin ini dipatenkan pada 29 Januari 1886 atau 135 tahun silam.

Baca juga: 123 Tahun Lalu, Rusia Pertama Kali Pamerkan Mobil Produksi Perdana ke Publik

Carl Benz mendapatkan hak paten tersebut setelah mengajukan permohonan dan hak paten yang bisa dikatakan sebagai akte atau tanda kelahiran mobil saat ini. Benz-Patent Motorwagen merupakan mobil dengan tiga roda dan dapat mengangkut dua orang termasuk pengemudinya. KabarPenumpang.com menghimpun berbagai laman sumber, mobil ini menggunakan mesin 4 tak yang diletakkan di antara roda belakang.

Carl Benz pemilik hak paten mobil berbahan bakar bensin pertama

Di mana daya disalurkan menggunakan dua rantai rol pada poros belakang. Carl Benz diketahui menyelesaikan Benz-Patent Motorwagen pada 1885. Motorwagen pertama ini menggunakan mesin berkubikasi 954 cc dengan pengapian koil. Mesinnya menghasilkan daya 2/3 hp pada 250 rpm, tetapi saat dites Universitas Mannheim, dayanya bisa mencapai 0,9 hp pada 400 rpm.

Pada saat itu, mesinnya dapat dikatakan sangat ringan karena hanya berbobot 110 kg. Sebuah flywheel horizontal digunakan untuk menstabilkan keluaran daya dari mesin. Sementara itu, sebuah karburator dikendalikan oleh sleeve valve untuk mengatur daya dan kecepatan mesin.

Mobil ini memiliki desain bak mesin terbuka, katup intake yang dapat digeser katup pembuangan yang dioperasikan oleh cakram cam, pelatuk klep dan pushrod, serta menggunakan sistem pelumasan tetes. Dalam segi penggerak, Motorwagen menggunakan roda yang berukuran sangat besar.

Roda yang digunakan berjumlah tiga buah dengan kedua roda belakang terpasang secara horizontal pada sasis. Hal ini bertujuan untuk mencegah efek girospik dari pemasangan secara vertikal yang nantinya akan mengganggu kemudi dan stabilitas kendaraan. Namun, masalah utama Motorwagen adalah kapasitas bahan bakar yang menjadi kekurangan dari mobil ini.

Baca juga: Hari ini, 80 Tahun Lalu, Henry Ford Meluncurkan Mobil dengan Panel Plastik

Sebab untuk setiap 200 km perjalanan dibutuhkan sepuluh liter bensin agar mobil ini tetap melaju. Untuk diketahui, kehadiran Benz-Patent Motorwagen pada awalnya tidak mendapat sambutan besar dan sempat ditertawakan saat uji coba karena menabrak tembok. Bahkan sangat sulit untuk dikendalikan.

Leave a Reply