Hari ini, 80 Tahun Lalu, Henry Ford Meluncurkan Mobil dengan Panel Plastik

0
The Soybean Car

Mobil plastik? Ketika Anda mendengarnya pasti akan teringat dengan mobil mainan anak karena berbahan plastik. Namun nyatanya ini bukanlah mobil mainan, tetapi mobil yang bisa dikemudikan bahkan dipatenkan oleh pembuatnya.

Baca juga: 4 Januari 2011, Ford Motor Tutup Divisi Mobil Mewah Mercury

Penasaran dengan mobil plastik ini? KabarPenumpang.com menghimpun keterangan dari berbagai laman sumber, Henry Ford pada 1940-an melakukan eksperimen dan menghasilkan mobil plastik yang terbuat dari kacang kedelai. Mobil ini dirancang oleh Lowell E Overly dan merupakan bagian dari sejarah panjang mobil asal Amerika Serikat tersebut.

Dalam pembuatan mobil plastik ini tidak diketahui bahan pastinya, karena tidak ada catatan rumusan pembuatannya seperti sekarang. Tetapi ada artikel yang mengklaim plastik untuk bahan mobil terbuat dari banyak formula diantaranya kacang, kedelai, gandum dan rami.

Namun Overly, mengklaim bahwa bahan pembuat mobil plastik adalah serat kedelai dalam resin fenolik dengan formaldehida yang digunakan dalam impregnasi. Yang mana plastik ini lebih tipis hingga 33 persen dibanding bahan pembuat mobil biasa.

Bahkan dikatakan, kehadiran plastik untuk mobil merupakan bahan yang relatif baru di zaman itu dan merupakan hasil revolusi industri Amerika Serikat. Untuk diketahui, mobil plastik yang diberi nama The Soybean Car tersebut terbuat dari 14 panel plastik yang beratnya lebih ringan dari baja.

Mobil ini diresmikan Henry Ford pada 13 Agustus 1941 di Dearborn Days yang merupakan  sebuah festival komunitas tahunan. Kemudian setengah tahun kemudian tepatnya pada 13 Januari 1942 Henry Ford mematenkan The Soybean Car buatannya tersebut.

Namun tahukah Anda bahwa ada alasan tersendiri dibalik Henry Ford membangun The Soybean Car tersebut? Alasannya adalah mencari proyek yang menggabungkan hasil industri dengan pertanian.

Kemudian dia mengklaim bahwa panel plastik membuat mobil lebih aman dibandingkan yang terbuat dari baja. Henry juga berharap, bahan plastik terbarunya ini dapat menggantikan logam tradisional yang digunakan pada pembuatan mobil.

Baca juga: 107 Tahun Lalu, Ford Mulai Rakit Mobil Model T Secara Massal dengan Moving Assembly Line

Sayangnya proyek ini tidaklah berjalan mulus karena saat Perang Dunia II pecah, semua konsentrasi tertuju pada pemulihan perang. Bahkan dari kabar beredar, The Soybean Car ini kemudian dihancurkan.

LEAVE A REPLY