107 Tahun Lalu, Ford Mulai Rakit Mobil Model T Secara Massal dengan Moving Assembly Line

0
Henry Ford dan mobil model T serta moving assembly line

Pabrikan otomotif Amerika Serikat, Ford memperkenalkan perakitan mobil pertama mereka untuk di produksi massal seluruh mobilnya pada 1 Desember 1913 yang bernama “moving assembly line”. Adanya inovasi perakitan ini memberikan efisiensi waktu untuk membuat sebuah mobil.

Baca juga: Tenda Kubus Carsule Berikan Sensasi Berkemah di Mobil

Henry Ford yang merupakan pemilik Ford mengatakan, pada awalnya sebelum ada inovasi baru, merakit sebuah mobil membutuhkan waktu 12 jam. Sehingga kehadiran sistem perakitan baru ini akan mampu memangkas waktu menjadi dua jam 30 menit untuk merakit sebuah mobil.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, sebelum abad ke-20, pembuatan mobil dan kendaraan lain merupakan proses yang rumit karena tiap unit dibuat secara manual. Sebab mobil di masa itu tetap menjadi sesuatu yang eksklusif karena tak semua orang bisa memilikinya.

Bahkan harga menjadi sesuatu yang dipertimbangkan dalam membeli mobil. Mobil T menjadi mobil pertama Ford Motor Company yang diperkenalkan ke publik tahun 1908 yang juga disebut dengan Tin Lizzie. Mobil model ini hanya tersedia untuk orang kaya Amerika Serikat mengingat biaya produksi yang tinggi.

Di masa itu harga mobil sekitar $850 ada sebuah keinginan untuk memperbanyak produksi mobil dari Henry Ford. Salah satunya adalah menurunkan harga mobil dengan cara membuatnya lebih cepat dan efisien. Model-T segera menjadi mobil dengan permintaan yang luar biasa dari berbagai segmen masyarakat.

Dalam tiga tahun, harga biaya model T turun drastis menjadi sekitar $300 pada 1926 dan permintaan menjadi sangat banyak. Antara 1913 dan 1927, lebih dari 15 juta mobil model T diproduksi. Jalur perakitan bergerak menandai titik balik dalam pertumbuhan era industri, baik di AS dan tempat lain di dunia.

“Satu-satunya sejarah yang sangat berharga adalah sejarah yang kita buat hari ini,” kata Henry.

Hampir setengah dari semua mobil di Amerika pada tahun 1918 adalah Model T karena mudah dikendarai dan perawatannya murah. Sukese dengan Model T, Ford dan putranya, Edsel, memperkenalkan Model A, yang membuat Ford Motor Company tumbuh menjadi raksasa industri.

Baca juga: “Nose Team,” Hadir Sebagai Spesialis Pengendus ‘Bau’ di Mobil Baru

Ford juga terkenal karena visinya yang revolusioner terhadap pekerjanya, pembuatan mobil murah yang dibuat oleh pekerja terampil yang bekerja selama lima hari seminggu dan mendapat upah tetap, dengan 40 jam kerja seminggu.

Leave a Reply