“Nose Team,” Hadir Sebagai Spesialis Pengendus ‘Bau’ di Mobil Baru

0
Nose Team mencium bau dari mobil baru (thedrive.com)

Bau yang tercium dalam sebuah mobil baru bisa membuat pengemudi atau penumpang merasa tidak nyaman. Adanya hal ini membuat produsen mobil menghadirkan Nose Team agar bisa mencium bau dengan benar, karena bau tak sedap sekecil apapun dapat menghantui pemilik seumur hidup.

Baca juga: Ingin Hilangkan Bau Rokok di Dalam Mobil? Tinggalkan Pengharum Kemasan dan Beralih Menuju Bahan Alami

Salah satu yang memiliki Nose Team yakni adalah produsen mobil Audi. Mereka mempekerjakan seluruh tim ilmuwan untuk mencium setiap permukaan di dalam mobil sembari mengenakan jas lab resmi. Nose Team sendiri sudah ada sejak tahun 1985 dan menjadi yang paling tenang.

Sebab Nose Team telah bekerja keras untuk memastikan bahwa ilmu penciuman pabrikan itu tepat sasaran. KabarPenumpang.com mengutip dari thedrive.com (13/5/2020), tujuan Nose Team sangat sederhana yakni untuk memastikan kendaraan Audi tidak mengeluarkan bau busuk di dalam mobil.

Ini juga berarti memastikan bahwa kendaraan tidak memiliki bau kimiawi yang kuat saat keluar untuk di jual. Bahkan hal tersebut tidak sesederhana menggantungkan pengharum ruangan di kaca spion. Ilmuwan Audi tahu bahwa tidak mungkin memiliki mobil bebas bau, jadi alih-alih berusaha menutupi aromanya, mereka bertujuan agar bahan kimia yang digunakan selama proses pembuatan dibuat senetral mungkin.

Mereka mengatakan, jika kulit berbau terlalu banyak seperti minyak ikan atau alas lantai seperti bawang, tim mengirim produk kembali ke pabrik. Salah satu ahli kimia Audi, Heiko Lüßmann-Geiger, telah memimpin tim pengendus lima orang di Audi’s Bavarian Quality Center sejak awal tahun 2000-an.

Heiko menjelaskan kenyamanan kendaraan sebagai “piramida”, mencatat bahwa bau yang dikeluarkan oleh kendaraan adalah salah satu fitur kenyamanan paling mendasar yang dapat membuat atau menghancurkan kepemilikan kendaraan.

“Di ujung piramida hierarki ini adalah kesejahteraan pelanggan, tepat di dasar adalah baunya. Jika pelanggan sekarang terganggu oleh bau dari bawah ini, dia tidak akan lagi melihat dengan benar semua sifat positif kenyamanan kendaraan lainnya. Dia terlalu jengkel oleh stres yang disebabkan oleh bau itu,” kata Heiko.

Heiko menambahkan, bau ini akan dinilai dalam skala dari satu yang berarti tidak berbau sampai enam yakni tak tertahankan. Kaca, keramik dan logam sering kali dinilai sebagai salah satu komponen utama kendaraan. Bahan lain harus diberi peringkat di bawah empat (“mengiritasi”) agar lulus uji mengendus.

Jika Anda tidak percaya bahwa para ilmuwan ini menganggap serius pekerjaan mereka sebagai pencium profesional, lihat saja wajah tanpa ekspresi mereka bekerja pada gambar-gambar dari pertengahan tahun 2000-an ini. Namun, pekerjaan tersebut tidak selesai setelah kendaraan meninggalkan tempat parkir.

Audi mengatakan bahwa mereka juga secara acak menarik kendaraan produksi ke laboratorium untuk memastikan bahwa kendaraan tidak mulai mengeluarkan bau tidak sedap setelah mereka meninggalkan lantai ruang pamer. Jika bau mulai muncul dengan sendirinya, tim mengevaluasi apakah ada perubahan dalam proses produksi, atau jika pemasok suku cadang menggunakan bahan baru dan ada banyak hal yang harus dilakukan di dalam kendaraan.

Baca juga: Bertarung Melawan Bau Busuk, Inilah Peran Petugas Pembersih Limbah Toilet Kereta

Audi bukan satu-satunya produsen mobil yang memiliki ukuran untuk mencium mobil. Ini adalah bagian penting dari pabrikan mobil dan sesuatu yang bahkan bervariasi secara budaya.

Leave a Reply