Hari ini, 20 Tahun Lalu, Tabrakan Maut Terburuk Abad Ke-21 di Inggris Tewaskan Dua Masinis

0
Great North Eastern Railway (GNER)

Pada 28 Februari 2001 atau tepatnya 20 tahun yang lalu, sebuah kecelakaan yang melibatkan jip Land Rover Defender serta sebuah kereta barang telah menewaskan sepuluh orang termasuk dua masinis serta 82 lainya luka berat. Bahkan kecelakaan ini menjadi bencana rel terburuk abad ke-21 di Inggris Raya.

Baca juga: Korban Tewas 23 Orang, 35 Tahun Lalu Terjadi Kecelakaan Kereta Terburuk di Kanada

Kecelakaan ini awalnya terjadi ketika mobil Land Rover Defender mengalami masalah dan berhenti di jalur kereta api. Kemudian saat pengemudi mobil, Gary Neil Hart tengah menghubungi layanan darurat, kereta penumpang InterCity 225 yang dioperasikan Great North Eastern Railway (GNER) dengan lokomotif No.91023 melintas dan menabrak Land Rover tersebut.

Dirangkum KabarPenumpang.com dari wikipedia.com, setelah menabrak Land Rover, Driving Van Trailer (DVT) tergelincir dan membelok ke jalur kereta barang Freightliner yang membawa batu bara. Lokomotif trailing tergelincir, tetap tegak, dan mengalami kerusakan ringan.

Sedangkan lokomotif kargo No.66526 kehilangan boginya setelah benturan, dengan puing-puing DVT macet di bawahnya sehingga tangki bahan bakarnya pecah. Itu terbalik ke sisi kirinya dan berhenti di taman tempat tinggal yang berdekatan dengan garis di sebelah utara jembatan.

Lokomotif mengalami kerusakan parah pada area kabin dan sisi kanannya. Sembilan gerbong pertama yang mengikutinya tergelincir dan rusak dalam berbagai tingkat. Insiden ini kemudian membuat dua masinis kereta baik penumpang maupun barang, dua awak tamabahan dan enam penumpang tewas.

Karena insiden tersebut, lokomotif No.66526 yang bertabrakan dinamai “Pengemudi Steve Dunn (George)”, untuk mengenang pengemudi Freightliner yang tewas dalam kecelakaan itu. Di dalamnya terdapat sebuah plakat yang memperingati kecelakaan itu, “Untuk mengenang seorang insinyur yang berdedikasi, Pengemudi Steve (George) Dunn tewas secara tragis dalam kecelakaan di Great Heck pada tanggal 28 Februari 2001”.

Sedangkan Barry Needham, karyawan Freightliner lain yang tewas dalam kecelakaan itu, juga diperingati dengan penamaan 56115 setelah dia, pelat nama dan plakat dipindahkan kemudian ke 60087. Lokomotif yang disebutkan di atas juga membawa plakat penjelasan.

John Weddle, pengemudi GNER yang tewas dalam kecelakaan itu, dihormati melalui sekolah pelatihan pengemudi baru di kota asalnya Newcastle, yang dinamai menurut namanya. Untuk diketahui kereta No.91023 juga terlibat dalam kecelakaan rel Hatfield empat bulan sebelumnya.

Baca juga: Akibat Petugas Sinyal Tak Sabar, 189 Nyawa Melayang Pada Kecelakaan Kereta 81 Tahun Lalu di Jalur Sakurajima

Untungnya lokomotif lolos dengan kerusakan ringan pada kedua kesempatan. Setelah peningkatan teknis armada Kelas 91, yang menyebabkan semua lokomotif memiliki 100 ditambahkan ke nomor (91001 menjadi 91101, dan lainnya), 91023 dinomori ulang menjadi 91132, bukan 91123.

Leave a Reply