Hari Ini, 38 Tahun Lalu, Helikopter Pertama yang Berhasil Keliling Dunia Berangkat! Butuh Waktu Hampir Sebulan

0
Sosok H. Ross Perot, Jr. dan Jay W. Coburn sebelum berangkat keliling dunia dengan Spirit of Texas Bell 206L-1 LongRanger II. Foto: This Day in Aviation

Tepat pada hari ini, Rabu, 1 September 1982, pemuda berusia 23 tahun, H. Ross Perot, Jr. memulai penerbangan keliling dunia. Ditemani teknisi handal, Jay W. Coburn, keduanya mengarungi dunia sejauh 41.843 kilometer dalam 246,5 jam penerbangan selama 29 hari, 3 jam, dan 8 menit menggunakan helikopter Spirit of Texas, Bell 206L-1 LongRanger II bermesin tunggal.

Baca juga: Usai Raih 63.900 Jam, Airbus A330-300 Pertama di Dunia Pensiun

Rekor sebagai helikopter pertama yang berhasil keliling dunia pun resmi direngkuh usai Spirit of Texas dengan kode registrasi N3911Z ini mendarat dengan selamat di Bandara Dallas Love Field, Texas, pada 30 September 1982 yang juga jadi tempat mereka memulai perjalanan.

Dikutip dari thisdayinaviation.com, perjalanan helikopter pertama yang berhasil keliling dunia bersama H. Ross Perot, Jr. dan Jay W. Coburn tentu tidak mudah. Selama perjalanan, nyaris tak ada kata mudah sekalipun helikopter Spirit of Texas dilaporkan hampir tak mengalami kendala teknis apapun. Di antara kendala terbesar ialah tatkala badai menerjang di Kanada.

Saat itu, Spirit of Texas hampir kehabisan bahan bakar dan terpaksa mendarat di sebuah kapal kontainer atau kapal peti kemas untuk mengisi bahan bakar. Dalam proses landing itulah jadi salah satu insiden yang menegangkan mengingat pilot kesulitan dalam mendaratkan pesawat akibat terjangan angin kencang selain kapal tanker jadi tak begitu stabil dibuatnya.

Selain itu, helikopter Spirit of Texas juga sempat ditolak mendarat di Kulusuk, Greenland saat hampir kehabisan bensin, diterjang hujan petir di Myanmar, dihantam Topan Ken di Filipina dan Jepang, sebelum akhirnya menempuh rute berbahaya dengan jarak 2.253 dari Kushiro, Jepang ke Dutch Harbour, Alaska.

Secara normal, penerbangan sejauh 2.253 tidak mungkin dilakukan. Namun, berkat beberapa modifikasi, salah satunya kemampuan memuat bahan bakar 151 galon lebih banyak, Bell 206L-1 LongRanger II Spirit of Texas bisa terbang lebih lama hingga delapan jam.

Helikopter yang dipersiapkan secara khusus untuk kepeluan keliling dunia seharga US$750.000 ini juga dimodifikasi pada bagian rotor belakang dan utama, desain, mesin, daya angkut, bilah rotor, hingga pemasangan Pop-out floats sehingga memungkinkan Bell 206L-1 LongRanger II mendarat di perairan.

Dilansir History Net, selama 29 hari berkelana, penerbangan pertama helikopter keliling dunia total melewati sekitar 26 negara, mulai dari Amerika, Kanada, Greenland (Denmark), Inggris, Perancis, Italia, Yunani, Mesir, Arab Saudi, Bahrain, Oman, Pakistan, India, Myanmar, Filipina, Taiwan, dan Jepang, menghabiskan 25.400 kilogram bahan bakar, dengan 56 pemberhentian.

Selain merengkuh gelar sebagai helikopter pertama yang berhasil keliling dunia, Bell 206L-1 LongRanger II Spirit of Texas juga mencatat sejumlah rekor. Seperti rekor helikopter tercepat dengan rata-rata mencapai 56,97 kilometer per jam dalam perjalanan ke Timur oleh Fédération Aéronautique Internationale (FAI).

Baca juga: Lima Kecelakaan Penerbangan Akibat ‘Bird Strike’ Terburuk di Dunia

Tak hanya itu, dengan didukung mesin turboshaft Allison 250-C28B berkemampuan 435 tenaga kuda, Spirit of Texas juga berhasil mencatatkan rekor di FAI sebagai perjalanan helikopter point-to-point tercepat dengan rata-rata 179,39 kilometer per jam saat dalam perjalanan London-Marseilles.

Setelah berhasil mencetak sejarah sebagai helikopter pertama yang berhasil keliling dunia, Bell 206L-1 LongRanger II Spirit of Texas pun disumbangkan ke Smithsonian Institution dan dipamerkan di Steven V. Udvar-Hazy Center of the National Air and Space Museum, Virginia, Amerika Serikat.

Leave a Reply