Hari Ini 80 Tahun Lalu, Boeing 314 Pan Am Lakukan Penerbangan Berjadwal Perdana Trans-Atlantik

Suasana di Port Washington ketika Boeing 314 Clipper hendak take-off. Sumber: panam.org

Tanggal 28 Juni yang jatuh tepat pada hari ini untuk sebagaian orang mungkin hanyalah hari Jumat biasa – seperti minggu-minggu sebelumnya. Atau mungkin beberapa dari Anda ada yang merayakan hari ulang tahun tepat di tanggal ini? Tapi tanggal 28 Juni merupakan hari yang sangat bersejarah bagi maskapai yang dahulu pernah menjadi kebanggaan Amerika Serikat, Pan American. Apakah maskapai Pan American juga berulang tahun di tanggal ini? Jawabannya tentu bukan, karena maskapai ini didirikan pada 14 Maret 1927 – lalu, ada apa  di tanggal 28 Juni?

Baca juga: Penerbangan Trans-Atlantik Perdana yang Dibumbui Sejumlah Kendala

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman panam.org, 28 Juni merupakan tanggal dimana dilakukannya penerbangan penumpang berbayar pertama yang menyeberangi Samudera Atlantik – dan penerbangan ini dioperasikan oleh maskapai yang biasa disebut Pan Am. Kala itu, Pan Am menggunakan pesawat Boeing 314 Clipper . Penerbangan ini sendiri terjadi pada tahun 1939.

Pesawat berkode NC 18605 Dixie Clipper ini meninggalkan Port Washington yang terletak di Long Island dan bertolak menuju Lisbon dan Marseilles via Horta, Azores. Jalur penerbangan ini sendiri kerap disebut sebagai “South Route” Trans-Atlantik. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pesawat ini berisikan 22 penumpang berbayar, dimana sebagian penumpang tersebut sudah membayar tiket untuk perjalanan bersejarah ini dari jauh-jauh hari sebelumnya – bahkan hingga hitungan tahun!

Tentu saja, saking bersejarahnya, baik pihak Boeing selaku pembuat pesawat dan Pan Am selaku operator enggan menorehkan sejarah yang buruk pada penerbangan ini. Maka dari itu, pihak Boeing menyertakan sekitar 12 kru yang akan melakukan inspeksi terhadap pesawat jikalau si burung besi ini mengalami kendala ketika mengudara. Kabar terbangnya Pan Am dengan menggunakan B-314 ini juga sudah tersebar luas oleh media setempat.

Baca juga: Campur Biofuel dan Avtur, United Airlines Sukses Layani Penerbangan Trans-Atlantik Terlama!

Penerbangan Trans-Atlantik penumpang berbayar perdana ini tentu saja tidak hanya menuai impresi yang baik warga Amerika saja yang kala itu mungkin merasa mampu melebihi negara-negara lain – tapi juga bagi keseluruhan dunia dirgantara global. Ya, sama halnya seperti catatan sejarah kedirgantaraan lain, para pelakunya berharap bahwa ini dapat menjadi awal dari sebuah era baru dalam bidang transportasi.

Boeing 314 Clipper. Sumber: wikipedia

Sebagai pelengkap, Boeing 314 Clipper merupakan salah satu jenis dari flying boat airliner yang berarti menggunakan permukaan air sebagai landas pacunya. Pertama kali mengudara dalam uji coba penerbangan pada 7 Juni 1938, Boeing 314 Clipper ini hanya diproduksi sebanyak 12 unit saja (terhitung sejak 1938 hingga 1941). Adapun operator utama dari pesawat terbesar pada masanya ini adalah Pan Am, British Overseas Airways Corporation (yang kini menjadi British Airways), dan Angkatan Laut Amerika Serikat.