Hari ini dalam Sejarah, 43 Penumpang Tewas Saat Kabel Kereta Gantung di Cavasele Putus

0
Kabel kereta gantung kabel Cavalese putus dan tewaskan 42 orang (wikipedia.com)

Kereta gantung di Cavalese terjatuh menewaskan 43 orang dan menjadi bencana paling mematikan dalam sejarah. Kecelakaan tersebut terjadi pada 9 Maret 1976, di Italia dekat resor ski Cavalese di Dolomites, 40 km (25 mil) timur laut Trento.

Baca juga: Hari ini, 87 Tahun Lalu, Meluncur Kereta Gantung Ski Pertama di Amerika Serikat

Insiden ini berawal ketika kabel baja pendukung putus saat kereta gantung terisi penuh dan akan turun dari Gunung Cermis. Sebelum terjatuh dari ketinggian sekitar 660 kaki atau 200 meter, kereta berayun dan tergelincir sejauh seratus meter sebelum berhenti di padang rumput.

Saat jatuh, bagian atas kereta gantung benar-benar hancur ketika gerbong seberat tiga ton tersebut jatuh di atas mobil. Dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, insiden itu menewaskan 43 orang termasuk 15 anak berusia tujuh dan 15 anak tahun.

Selain itu juga seorang petugas kereta gantung berusia 18 tahun juga tewas dalam kecelakaan tersebut. Ketika melakukan proses pengangkutan korban tewas, 38 berada di reruntuhan kereta gantung dan yang lainnya terlempar dari kereta.

Awal laporan ada 42 orang tewas dan satu lainnya hilang. Namun jenazah terakhir yakni Fabio Rustia akhirnya di temukan. Dalam insiden itu hanya ada satu orang selamat yakni gadis asal Milan yang berusia 14 tahun yakni Alessandra Piovesana.

Gadis beruntung itu tengah dalam perjalanan ke sekolah bersama dua temannya ketika kecelakaan terjadi. Untuk diketahui, sebagaian besar korban tewas berasal dari Jerman Barat. Di dalam kereta gantung tersebut mengangkut seorang asal Prancis, 21 Jerman, 11 penumpang Italia dan tujuh lainnya dari Austria.

Dalam pemeriksaan lebih lanjut, diungkapkan bahwa kecelakaan tragis tersebut disebabkan saat angin kencang menyebabkan kabel baja dan stasioner bergerak saling bersilangan. Kemudian memutuskan kabel yang satu dan lainnya.

Baca juga: Bakal Hubungkan Rusia dan Cina, Inilah Kereta Gantung Lintas Negara Pertama di Dunia

Sebenarnya insiden ini bisa dicegah jika sistem keselamatan halte kereta otomatis dinyalakan. Dalam insiden ini selain 43 korban tewas, empat orang petugas kereta gantung dipenjara karena terlibat dalam bencana tersebut.

Leave a Reply