Hari Pelanggan Nasional, Maskapai Indonesia Beri Diskon, Sapa Penumpang Hingga Ganti Logo Boarding Pass

0
(istimewa)

Hari Pelanggan Nasional yang diperingati 4 September 2019 kemarin, membuat jajaran direksi berbagai moda transportasi baik darat maupun udara langsung menyapa dan berinteraksi dengan pengguna jasa. Di moda udara, maskapai Garuda Indonesia, Citilink dan Lion Air menghadirkan beberapa hal menarik yang bisa langsung dinikmati penumpang.

Baca juga: Garuda Indonesia Update Fitur Aplikasi “GIA Mobile,” Kini Ada Voice Command dan Virtual Assistant

Apa saja sih yang dihadirkan dan dipersembahkan maskapai-maskapai ini saat Hari Pelanggan Nasional? Berikut ini KabarPenumpang.com merangkum berbagai hal menarik yang diberikan oleh maskapai-maskapai tersebut.

(kumparan)

Garuda Indonesia
Sapa Pelanggan“, di sini Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara bertegur sapa dengan para penumpang maskapai dan membagikan souvenir kepada penumpang GA 830 rute Jakarta – Singapura di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Tak hanya itu, bagi dua orang penumpang kelas ekonomi GA 830 diberikan kursi kelas bisnis secara cuma-cuma.

“Bagi Garuda Indonesia, pelanggan merupakan sumber kekuatan dan semangat dalam menjalankan tugas. Kami menyadari bahwa kesempurnaan layanan dan kepuasan pelanggan merupakan salah satu strategi terkuat dalam bertahan pada situasi industri yang kian kompetitif seperti sekarang ini,” kata Ari yang dikutip dari siaran pers (4/9/2019).

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Pelanggan Nasional tersebut, sebelumnya Garuda Indonesia juga telah melaksanakan program “Direksi Melayani” pada penerbangan GA 714 rute Denpasar – Sydney dan GA 715 rute Sydney – Denpasar. Berbeda dengan penerbangan Garuda Indonesia lainnya, pada kedua penerbangan tersebut jajaran Direksi Garuda Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara melayani langsung para pengguna jasa selama penerbangan tersebut.

Program “Direksi Melayani” tersebut merupakan yang pertama kali dilaksanakan pada rute penerbangan internasional setelah sebelumnya melaksanakan program yang sama pada penerbangan domestik rute Jakarta – Denpasar pada akhir 2018 yang lalu. Adapun penerbangan GA 714 dan GA 715 dipilih mengingat bahwa rute Denpasar – Sydney pp ini merupakan rute yang paling diminati tidak hanya untuk penumpang Indonesia namun juga wisatawan asing.

Lion Air
Maskapai terbesar di Indonesia ini pada Hari Pelanggan Nasional, mengumumkan program spesial bertajuk “terbang bareng Lion Air” pada beberapa rute penerbangan domestik khusus dari dan menuju Banjarmasin – Bandar Udara Internasional Syamdudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ) efektif 04 September 2019 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Langkah ini sebagai bagian upaya Lion Air untuk menawarkan salah satu destinasi favorit di Indonesia bagian Tengah dan mengakomodir traveling ke Kalimantan Selatan.

Tak hanya itu, Lion Air juga menghadirkan tarif promo sekali jalan (one way) sampai dengan 50 persen dibawah tarif normal tersedia di rute yang ditawarkan kepada pebisnis dan wisatawan (travelers), antara lain dilayani melalui Makassar – Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan (UPG), Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK), Surabaya – Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (SUB), Yogyakarta – Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG); Semarang – Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Jawa Tengah (SRG), Majalengka – Bandar Udara Internasional Kertajati, Jawa Barat (KJT), Denpasar – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Badung, Bali (DPS), Mataram – Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Lombok Praya, Nusa Tenggara Barat (LOP), Balikpapan – Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kalimantan Timur (BPN), Manado – Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Sulawesi Utara (MDC).

Lion Air juga memberlakukan harga jual tiket spesial dari tarif dasar batas atas (basic fare), akan diterapkan pada waktu (jam-jam) keberangkatan (schedule time departure), jumlah kursi terbatas dan mengikuti syarat dan ketentuan.

Citilink
Berbeda dengan Garuda Indonesia dan Lion Air, maskapai berbiaya hemat (LCC) ini justru menampilkan logo baru di boarding passnya. Pada boarding pass lama, dominasi warna putih dan tulisan Citilink di sudut kiri atas. Kini desain baru terlihat lebih classy dan segar dimana meski masih didominasi warna putih, nuansa hijau khas Citilink Indonesia dibuat memiliki satu bagian tersendiri tepat di bagian atas. Di sudut kiri atas bidang berwarna hijau tersebut kemudian disematkan tulisan Citilink dengan menggunakan warna putih.

Sejajar dengan nama Citilink, ada tiga simbol yang menunjukkan prestasi maskapai berbiaya hemat ini dalam dunia aviasi. Antara lain Traveler Choice Award 2018 versi TripAdvisor, maskapai bintang empat versi Skytrax dan juga sebagai maskapai berbiaya hemat versi Airlines Passenger Experience Association (APEX). Sementara itu, pada bagian bawah boarding pass, tepat di sebelah kiri, kamu akan menemukan jumlah miles yang telah terkumpul. TPada bagian belakanjuga akan menemukan QR Code yang bisa di-scan oleh penumpang.

Juliandra Nurtjahjo, Direktur Utama Citilink Indonesia menuturkan bahwa hadirnya desain baru dalam boarding pass ini menjadi wujud nyata misi Citilink untuk dapat menjadi digital airlines di Indonesia. Adanya inovasi baru ini akan memudahkan berbagai pihak yang ingin melakukan promosi yang menyasar para pengguna layanannya.

Baca juga: Hemat Devisa, GMF dan Lion Air Group Bangun Delapan Hanggar Perbaikan di Bandara Hang Nadim

“Citilink punya visi menjadi airlines digital pertama di Indonesia, bukan semata-mata ikut tren, tetapi kita juga ingin mendorong terjadinya efisiensi. Efisiensi bukan hanya akan dirasakan oleh kami sebagai penyedia layanan tapi juga mitra bisnis dan pelanggan. Melalui inovasi kali ini, Citilink menghadirkan boarding pass yang menyediakan media komunikasi dan juga promosi bagi mitra bisnis Citilink,” katanya.

Leave a Reply