Hilangkan Kepenatan Karena Pandemi, Kereta Komuter Seoul Hadirkan Festival Film Kereta Bawah Tanah Internasional

0
jaringan kereta bawah tanah Seoul (citymetric.com)

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan membuat orang masih terus dan harus menjaga jarak sosial mereka. Ini bisa membuat tekanan mental bagi banyak orang dan hal tersebut kemudian berbagai pihak menghadirkan solusi untuk membantu meringankan beban di masa pandemi.

Baca juga: Bioskop Drive-In Solusi Hiburan di Era Covid-19, Mungkinkah Bakal Hadir Lagi di Indonesia?

Seperti yang dilakukan jaringan kereta komuter bawah tanah Seoul untuk para penumpangnya. Dilansir KabarPenumpang.com dari ajudaily.com (24/8/2020), jaringan kereta bawah tanah tersebut membuat festival film kereta bawah tanah internasional untuk meringkankan kepenatan penumpang.

Operator kerta bawah tanah Seoul mengatakan bahwa mereka telah membuka “Festival Film Kereta Bawah Tanah Internasional Seoul ke-11”. Dalam festival ini akan ada 55 film indie yang diputar. Film indie pendek tersebut berdurasi sekitar 90 detik dan diputar di layar digital yang dipasang di kereta dan peron stasiun.

Pemutaran film ini berakhir pada 17 September kemarin. Kereta bawah tanah yang berjalan di bawah ibukota Korea Selatan tersebut setidaknya menghadirkan delapan tampilan digital yang menunjukkan tujuan dan nama stasiun yang akan datang.

Untuk diketahui, adanya pandemi ini, festival dan pameran film telah memilih metode non kotak untuk mengundang dan berkomunikasi dengan penggemar. Salah satunya Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN), sebuah festival film tahunan, diadakan sebagai acara online pada bulan Juli untuk memutar sekitar 190 film dari 40 negara.

Sebuah gedung bioskop tunggal yang dilengkapi dengan kamera pencitraan termal, termometer dan semprotan disinfektan digunakan untuk pemutaran offline. Museum juga menarik generasi muda yang paham teknologi menggunakan realitas virtual (VR).

Museum Nasional Sejarah Kontemporer Korea dan Museum Istana Nasional Korea, keduanya terletak di pusat kota Seoul, membuat museum virtual 3D untuk memungkinkan warga berjalan-jalan di dalam menggunakan komputer, smartphone, atau headset VR.

Baca juga: Isolasi Diri dari Pandemi Covid-19, Seorang Pria Tinggal di Stasiun Kereta Api

Seoul dan kota-kota lainnya memiliki jaringan rel kereta bawah tanah yang luas dengan 331 stasiun yang membentang dalam jarak total 353,2 kilometer (219,4 mil). Sekitar 7,4 juta orang menggunakan kereta subway setiap hari. Seorang komuter yang tinggal di Seoul atau kota-kota sekitarnya biasanya menghabiskan waktu sekitar tiga jam untuk perjalanan sehari-hari.

Leave a Reply