Hilangkan Kursi Tengah di Kereta Berkecepatan Tinggi, Texas Train Berharap Beroperasi di 2026

0
(dmagazine.com)

Kereta api berkecepatan tinggi di Amerika sepertinya akan mulai terlaksana tepatnya di Texas. Kereta ini akan dioperasikan oleh Texas Central yang mana menyebutkan mereka akan menggunakan kereta Shinkansen N700S dan sudah dimodifikasi.

Baca juga: Mengekor Kesuksesan Cina, Anggota Kongres AS Canangkan Strategi Kereta Cepat “Green New Deal”

Kereta berkecepatan tinggi ini akan mengular di jalur dari Dallas (Texas Utara) menuju ke Houston. Untuk membuat penumpang nyaman, Texas Central bahkan merincikan tampilan pertama dari kereta tersebut di mana salah satunya adalah menghilangkan kursi bagian tengah sehingga hanya akan ada dua kursi berjajar.

Gambar konfigurasi kereta berkecepatan tinggi Texas (dmagazine.com)

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman dmagazine.com (18/2/2020), berikut ini rincian tampilan pertama interior kereta cepat tersebut yakni tata ruang akan memberikan kenyamanan pelancong dengan kehadiran ruang kaki ekstra di bandingkan pesawat. Selain itu akan ada dua kelas layanan dengan konfigurasi kursi 2-2 dan 2-1.

Dengan konfigurasi seperti ini, kursi penumpang akan menjadi lebih lebar dan memiliki ruang kaki yang lebih lebar dibandingkan dengan kursi di pesawat. Bahkan kursi penumpang nantinya juga bisa dimudurkan atau (reclining seat) dan ini tidak akan mengganggu penumpang di belakang karena jarak antar kursi yang cukup lebar.

Kehadiran WiFi gratis juga nantinya akan memberikan kenyamanan bagi penumpang yang akan berselancar di media sosial. Tak hanya itu, lorong di setiap mobilnya pun akan lebih besar dan memungkinkan kursi roda melintas di antaranya.

Bila dibandingkan dengan pesawat, Texas Central mengatakan, setiap penumpang tak perlu menggunakan sabuk pengaman dan mematikan ponsel mereka di lokomotif. Kereta ini juga akan dilengkapi dengan jendela yang ukurannya dua kali lebih besar dari jendela pesawat.

Texas Central mengklaim bahwa perjalanan yang sebelumnya menempuh waktu 4,5 jam dengan kereta berkecepatan tinggi Shinkansen generasi baru ini hanya akan memakan waktu kurang dari 90 menit diantara dua kota tersebut. Kereta ini juga nantinya tidak banyak berhenti dan hanya akan ada beberapa stasiun yakni di Houston dan Dallas Fort Worth serta sebuah stasiun tambahan di Lembah Brazoz.

Layout Texas Train (dmagazine.com)

Rencananya Texas Central akan memulai konstruksi kereta tersebut tahun ini sembari menunggu persetujuan federal. Mereka mengatakan, jika semuanya berjalan sesuai rencana, layanan komersial kereta berkecepatan tinggi itu diharapkan akan beroperasi penuh pada 2026 mendatang.

Baca juga: Wow! Las Vegas dan Los Angeles Terhubung dengan Kereta Cepat di 2023

Saat ini diketahui, perusahaan sudah menandatangani kontrak prakonstruksi dengan anak perusahaan Kiewit Corp. Kereta api berkecepatan tinggi diproyeksikan menghasilkan $36 miliar dalam manfaat ekonomi di seluruh negara bagian selama 25 tahun ke depan, menciptakan sepuluh ribu pekerjaan langsung per tahun selama konstruksi puncak dan 1500 pekerjaan permanen ketika sepenuhnya operasional.

Leave a Reply