Thursday, February 22, 2024
HomeAnalisa AngkutanHitachi Rail “Blues” Kereta Bertenaga Hibrida Tiga Moda Resmi Beroperasi di Sisilia...

Hitachi Rail “Blues” Kereta Bertenaga Hibrida Tiga Moda Resmi Beroperasi di Sisilia Italia

Setelah diluncurkan pada 21 September lalu, kini kereta bertenaga hibrida, yakni bisa menggunakan listrik pantograf, baterai dan diesel, Hitachi “Blues” yang dioperasikan Trenitalia telah beroperasi untuk melayani penumpang di wilayah Sisilia, Italia, pada 20 Desember 2022.

Baca juga: Hitachi Rail Luncurkan “Blues” di Italia – Kereta Bertenaga Hybrid, Bisa Pakai Listrik Pantograf, Baterai dan Diesel

Dikutip dari Railway-Technology.com, kereta Blues menawarkan tingkat kenyamanan yang tinggi bagi penumpang, seperti kereta ini dilengkapi dengan sistem pendingin udara inovatif yang memungkinkan optimalisasi konsumsi energi berdasarkan jumlah penumpang sebenarnya di dalam kereta, soket daya USB dan 220v untuk konektivitas yang lebih baik.

Kereta ini juga memiliki jendela besar, area sepeda dan kapasitas transportasi bagasi yang tinggi. Kereta dapat mencapai kecepatan maksimum 160 km per jam dengan percepatan 1,10 m/detik dan dapat menampung hingga 300 orang duduk dalam komposisi empat gerbong.

Aksesibilitas dioptimalkan sesuai dengan Spesifikasi Teknis Interoperabilitas terbaru yang ditetapkan Uni Eropa untuk Orang dengan Mobilitas Rendah melalui ketinggian akses ke kereta di tingkat peron, untuk kepentingan semua penumpang, serta minimalisasi langkah-langkah internal, yang memungkinkan kegunaan maksimal kereta oleh penumpang.

Kereta Blues telah dirancang dengan solusi ramah lingkungan termasuk, yang di dalamnya tingkat daur ulang tinggi (95%) pada material; penggunaan bahan baku yang berasal dari daur ulang; teknologi on-board yang meminimalkan konsumsi energi, seperti sistem pencahayaan LED internal dan eksternal; sistem pendingin udara pintar; dan penggunaan Smart Parking.

Baca juga: Desiro ML Cityjet Eco, Kereta Bertenaga Baterai Elektro-Hybrid dari Siemens Mobility

Hitachi dan Trenitalia telah menetapkan kontrak untuk penyediaan 135 kereta Blues senilai 1,2 miliar euro. Khusus untuk melayani wilayah Sisilia, ada 22 kereta yang akan dioperasikan. Selain itu, Blues rencananya juga akan mengular di wilayah Italia lainnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru