HUT PT KAI Ke-73, Daop 5 Luncurkan Dua Kereta dengan Rangkaian Baru

0
Rangkaian kereta baru stainles steel (Youtube)

Tepat di hari ulang tahun ke-73 PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang jatuh pada 28 September 2018, Daerah Operasional (Daop) 5 akan menggunakan rangkaian kereta baru. Dimana kereta api (KA) Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto-Gambir PP dan KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Purwokerto-Jakarta Pasarsenen PP akan dilakukan stamformasi atau susunan rangkaian KA menggunakan rangkaian New Image (Stainles steel).

Baca juga: Jelang HUT PT KAI Ke-73, Promo Tiket Bertebaran Untuk Anda

“Perubahan ini sebagai program PT KAI untuk memperbarui armadanya, dan Kado HUT KAI ke 73 untuk Daop 5,” ungkap Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto yang dikutip KabarPenumpang.com dari lama web kai.id.

Supriyanto mengatakan, okupansi atau tingkat keterpenuhan KA tersebut selama ini sangat bagus dimana KA Purwojaya rata-rata terpenuhi 89 persen dari seat yang disediakan. Sedangkan KA Kutojaya Utara rata-rata 103 persen dari seat yang tersedia.

Sebenarnya pada 27 Agustus 2018 kemarin, juga dilakukan perubahan rangkaian new image pada KA Sawunggalih pagi dan malam relasi Kutoarjo-Purwokerto-Pasarsenen PP.

“Ada dua lagi perjalanan KA dari Daop 5 Purwokerto yang dilakukan penggantian stamformasi rangkaian KA-nya, yaitu KA Purwojaya dan KA Kutojaya Utara,” ungkap Supriyanto.

Awalnya KA Purwojaya relasi Cilacap-Gambir PP, yang semula rangkaian 8 kereta Eksekutif lama kapasitas 400 seat kini menjadi 9 eksekutif new image dengan kapasitas 450 seat. KA Kutojaya Utara relasi Kutoarjo-Purwokerto-Jakarta pasarsenen PP, yang semula menggunakan rangkaian 8 kereta ekonomi dengan kapasitas 848 seat menjadi 9 rangkaian kereta premium new image kapasitas 720 seat.

Dengan adanya perubahan, Supriyanto mengatakan penumpang memiliki tempat duduk yang longgar dan lebih nyaman. Meski begitu jadwal kereta api tersebut tidak ada perubahan sama sekali.

Baca juga: Tak Ada Info Jumlah Kursi di KAI Access, Warganet Berkicau di Twitter. Ini Tanggapan PT KAI

KA Purwojaya Cilacap-Gambir berangkat pukul 14.30 WIB dan tiba pukul 21.18 WIB. Sedangkan dari Gambir menuju Cilacap berangkat pukul 22.05 WIB tiba pukul 04.57 WIB.
Untuk KA Kutojaya Utara dari Kutoarjo Jakarta berangkat pukul 17.00 WIB, tiba di Pasarsenen pukul 00.56 WIB. Sebaliknya dari Pasarsenen pukul 05.25 WIB, tiba di Kutoarjo pukul 13.09 WIB.

Bahkan Supriyanto mengatakan, untuk penumpang yang membeli go show akan ada tarif khusus yang bisa dimanfaatkan. KA Purwojaya Cilacap-Purwokerto maupun sebaliknya, kelas eksekutif hanya Rp30 ribu dan KA Kutojaya Utara dari Kutoarjo ke Purwokerto atau sebaliknya, kelas premium Rp35 ribu.

Leave a Reply