HyperloopTT Luncurkan ‘Pengalaman’ Kabin Penumpang

0
HyperloopTT luncurkan kabin penumpang

Siapa yang tak kenal dengan teknologi Hyperloop? Rasanya teknologi besutan Elon Musk tersebut masih booming dan ditunggu kehadirannya secara nyata pada transportasi masa depan. Bahkan baru-baru ini, Teknologi Transportasi Hyperloop (HyperloopTT) sudah meluncurkan pengalaman kabin penumpangnya di perhelatan China International Import Expo di Shanghai.

Baca juga: Ini Wujud Pod Terbaru Virgin Hyperloop yang Bakal Mejeng di Dubai Expo 2020

Peluncuran tersebut dikatakan perusahaan bahwa mereka berencana memasang kapsul skala penuh dalam sistem prototipe penumpang komersial pertamanya. KabarPenumpang.com melansir autoevolution.com (18/11/2021), pod dengan kecepatan laju mirip dengan pesawat komersial ini akan menghubungkan kota-kota dalam hitungan menit terdengar seperti sesuatu yang mustahil.

Tetapi meski begitu bukan hanya Elon Musk, namun ada banyak perusahaan yang bekerja untuk mewujudkan visi ini. Untuk diketahui, sistem teknologi Hyperloop yang diusulkan oleh HyperloopTT telah membuat kemajuan yang signifikan sejak pertama kali diperkenalkan perusahaan tahun 2013 lalu.

Beberapa tahun lalu, perusahaan yang berbasis di Los Angeles ini mengumumkan bahwa mereka mengembangkan jalur uji skala penuh dan belum lama ini meluncurkan HyperPortnya yang dirancang untuk transportasi barang. Dan sekarang HyperloopTT menunjukkan kepada dunia untuk pertama kalinya seperti apa kapsul skala penuh milik mereka.

Desainnya berfokus pada keselamatan, kenyamanan, hiburan, dan produktivitas, termasuk material dan teknologi mutakhir, yang menawarkan pengalaman mendalam kepada orang-orang. Interior kabin terbuat dari bahan yang tahan lama, serta dapat menampung hingga 30 penumpang. Selain itu, ini memiliki akomodasi untuk pelancong yang dibantu. Memiliki cukup ruang untuk kompartemen bagasi, snack bar dan toilet.

Ada juga skylight buatan dengan mode siang dan malam yang akan membuat penumpang tidak merasa sesak. Karena merupakan ruang tertutup, HyperloopTT juga memperkenalkan pembersih udara yang mampu menghilangkan mikroba, virus dan bakteri berbahaya. Untuk memberikan pengalaman perjalanan yang ramah, area setiap penumpang sepenuhnya dipersonalisasi.

Selain itu, speaker sandaran kepala yang disematkan dengan teknologi peredam bising akan memberikan pengalaman suara yang imersif kepada orang-orang. Setiap kursi akan memiliki kamera untuk pengenalan wajah dan tablet layar sentuh individual. Juga akan ada kontrol iklim mikro yang dapat disesuaikan, dan penumpang akan dapat mengisi daya perangkat mereka secara nirkabel.

Nantinya, mereka akan dapat mencerminkan perangkat mereka dan menggunakan identifikasi biometrik untuk memasangkan tampilan dalam kapsul dengan data mereka sendiri. HyperloopTT berencana untuk mengintegrasikan kapsul ke dalam sistem prototipe penumpang pertamanya. Namun, tidak ada kabar kapan perusahaan akan benar-benar menggunakan hyperloop.

Baca juga: Pernah Uji Coba Angkut Penumpang, Kini Apa Kabar Virgin Hyperloop?

“Di luar konsep dan visi, tim dan mitra kami telah menciptakan evolusi nyata dari pengalaman penumpang yang selesai dan siap untuk dibangun dan diintegrasikan ke dalam sistem HyperloopTT di seluruh dunia,” kata CEO HyperloopTT Andres De Leon.