Hyundai Mobis Rilis Tampilan HUD Clusterless Pertama di Dunia

0
Inilah Clusterless Heads-Up Display (HUD) pertama di dunia buatan Hyundai Mobis, yang mengintegrasikan cluster dengan HUD. Foto: Hyundai Mobis

Hyundai Mobis, pembuat suku cadang terbesar di Korea Selatan, mengumumkan resmi meluncurkan tampilan Head Up Display (HUD) clusterless pertama di dunia. Sayangnya, HUD super canggih ini belum terpasang di mobil Hyundai manapun, melainkan untuk mobil listrik Hyundai di masa depan.

Baca juga: Pertama di Dunia, Mercedes-Benz Sematkan Fitur Airbag Depan-Belakang

Sebagaimana namanya, HUD berfungsi untuk memindahkan informasi-informasi yang ada di panel instrumen mobil ke kaca depan. Sehingga pengemudi tidak perlu repot bolak-balik nunduk untuk melihat ke arah panel instrumen.

Sedangkan instrumen cluster atau meter cluster merupakan berbagai lampu indikator pada dashboard. Adapun clusterless merupakan kebalikan dari itu. Nah, oleh Hyundai Mobis itu digabungkan oleh HUD canggih atau HUD clusterless pertama di dunia.

Secara definitif, HUD clusterless atau clusterless HUD merupakan teknologi kokpit terbaru yang meminimalisir hilangnya fokus pengemudi dengan mendistribusikan berbagai jenis infomasi yang dibutuhkan pengemudi (yang biasanya ada pada dashboard) ke kaca di depan pengemudi dalam bentuk AVNT (Audio, Video, Navigation and Telematics), sehingga pengemudi tidak perlu menundukkan wajah untuk melihat informasi tersebut.

“Jika cluster dan HUD digabungkan, mereka akan memainkan peran utama dalam berkendara yang aman dengan mengamankan ruang dan mengamankan pandangan ke depan pengemudi melalui penyatuan informasi mengemudi,” kata Han Young-hoon, kepala Hyundai Mobis information display sector dalam sebuah pernyataan yang dikutip ajudaily.com.

HUD clusterless Hyundai Mobis terbagi menjadi empat area tampilan, termasuk tiga dibagian atas dan satu di bagian bawah.

Area tampilan atas menunjukkan kecepatan, RPM, informasi terkait ADAS, dan informasi navigasi. Area tampilan bawah menunjukkan informasi dasar kendaraan, seperti mode perpindahan gigi, suhu cairan pendingin, dan distance to empty. Itu juga dapat menampilkan sinyal belok, system information warning lights, dan lain sebagainya.

Baca juga: Hindari Mabuk, Volvo Kembangkan Teknologi “Soundtrack” Agar Penumpang Mobil Otonom Nyaman

Sayangnya, Hyundai Mobis memfokuskan teknologi HUD clusterless ke mobil-mobil swakemudi atau auto kemudi dan mobil listrik di masa depan. Itu terbuka peluang kemungkinan untuk diadopsi oleh pabrikan lain selain Hyundai bila memungkinkan.

Di dunia, sebetulnya pabrikan lain, seperti Audi, Mercedes, Skoda (pabrikan mobil asal Ceko), dan Mazda, juga sudah merilis fitur serupa. Sekilas fitur HUD clusterless pabrikan-pabrikan tersebut serupa dengan Hyundai Mobis. Itu mengapa fitur apa yang membedakan dan membuat HUD clusterless disebut sebagai yang pertama di dunia. Semuanya masih menjadi teka-teki.

LEAVE A REPLY