Pertama di Dunia, Mercedes-Benz Sematkan Fitur Airbag Depan-Belakang

0
Airbag penumpang di kursi belakang pertama di dunia. Foto: whichcar.com.au

Mercedes-Benz melanjutkan tradisinya sebagai pioneer inovasi keselamatan dan kemanan di dunia otomotif. Terbaru, pabrikan asal Jerman itu memperkenalkan sistem keamanan dan keselamatan unik berupa fitur airbag untuk penumpang belakang pertama di dunia. Sistem airbag terbaru itu rencananya bakal tersemat di Mercedes-Benz S-Class generasi baru.

Baca juga: Terinspirasi Sarung Tangan Baseball, Airbag Lansiran Honda ini Siap Diluncurkan di 2020

Sebagaimana penumpang di kursi depan, penumpang di kursi belakang juga akan dilengkapi dengan fitur pendukung, seperti sabuk pengaman terbaru serta side airbags atau airbag samping. Demikian juga dengan cara kerjanya, airbag akan keluar dari arah depan penumpang belakang atau tepat di bagian belakang kursi depan.

Meski demikian, airbag penumpang di bagian kursi belakang tidak mengembang dengan penuh, selayaknya airbag di kursi depan, melainkan hanya setengah dari udara yang dipompa melalui tabung silinder untuk membuat airbag mengembang. Bentuknya juga berbeda, bila di airbag di kursi depan bentuknya bulat, airbag penumpang di kursi belakang berbentuk kotak tak sempurna serupa huruf “D”.

Airbag pertama di dunia bagi penumpang di kursi belakang ini juga didesain sedemikian rupa, mulai dari teknik memompa udara ke dalam airbag hingga sirkulasi udara di dalam airbag itu sendiri agar tak cepat keluar ketika kepala dan tubuh penumpang mendarat di airbag.

Airbag tengah antar penumpang di kursi depan. Foto: Autocar Professional

Hanya saja, dengan adanya fitur airbag ini, penumpang di bagian belakang tak lagi bebas bergerak seperti sediakala, mengingat mereka harus tetap menggunakan sabuk pengaman.

“Airbag penumpang di kursi belakang dengan struktur tubular yang inovatif sangatlah unik. Dan sebagai hasilnya, ia menyebar dengan sangat lembut,” kata Dr Thomas W. Hellmuth, head of body and safety Mercedes-Benz, seperti diberitakan whichcar.com.au.

“Wajar jika penumpang harus terus mengencangkan sabuk pengamannya. Dengan illuminated-design seatbelt baru, mengenakan sabuk pengaman kini menjadi lebih nyaman,” tambahnya.

Selain fitur airbag bagi penumpang di kursi belakang pertama di dunia, pabrikan yang akrab juga disapa Mercy itu masih punya beberapa fitur unik lainnya, mulai dari sistem suspensi aktif baru atau Pre-Safe Impulse Side, yang dapat membuat mobil lebih tinggi hingga 8 cm untuk mengurangi beban pada struktur pintu saat terjadinya kecelakaan, suspensi E-Active Body Control yang mampu meredam efek benturan dengan membuat rangka lebih kaku, hingga airbag tengah antara penumpang dan pengemudi di kursi depan, dalam upaya mengurangi guncangan ke arah samping saat kecelakaan.

Desain interior kursi bagian belakang dilengkapi dengan layar canggih MBUX interface generasi kedua. Foto: timesnownews.com

Tak berhenti sampai di situ, sebagai mobil pertama di dunia yang menyediakan fasilitas airbag bagi penumpang di kursi belakang, Mercedes-Benz S-Class generasi baru juga akan dilengkapi dengan fitur MBUX interface generasi kedua, dengan total empat layar sentuh canggih.

Baca juga: 30 Tahun Airbag Hadir Untuk Keselamatan Dunia Otomotif

Fitur tersebut juga akan didukung dengan MBUX Interior Assist, untuk mengingatkan penumpang agar tak membuka pintu saat sistem mendeteksi ancaman dari titik blind spot di luar mobil. Untuk pengemudi, melalui berbagai kamera canggih, mereka juga akan diingatkan bila terdeteksi ngantuk atau kelelahan. Cukup keren, bukan?

Dilansir timesnownews.com, Mercedes-Benz S-Class generasi baru baru akan memulai debut pada 2 September 2020. Namun, tak disebutkan dengan jelas berapa harga yang harus dikeluarkan untuk merasakan berbagai fitur canggih tersebut.

Leave a Reply