Terinspirasi Sarung Tangan Baseball, Airbag Lansiran Honda ini Siap Diluncurkan di 2020

0
Sumber: istimewa

Produsen otomotif kenamaan asal Jepang, Honda, mengungkapkan bahwa mereka memiliki teknologi airbag terbaru yang masih dalam pengembangan. Dengan tujuan untuk menjamin keselamatan penumpang, fokus tambahan dari Honda sendiri adalah agar airbag ini bisa lebih ‘defensif’ melindungi penumpang dari tabrakan yang berasal dari sudut-sudut kendaraan – baik tabrakan antar kendaraan atau dengan benda lain.

Baca Juga: Bila Tak Cermat, Airbag Justru Bisa Membayakan Anda

Airbag ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian proyek Honda yang akan dirilis di Amerika Serikat pada tahun 2020 mendatang dan ditujukan untuk mengurangi angka kematian di jalan akibat kecelakaan.

“Teknologi airbag baru ini merupakan upaya berkelanjutan Honda untuk meningkatkan keselamatan penumpang dalam berbagai skenario kecelakaan, dan membuktikan bahwa teknisi kami merefleksikan pola pikir yang inovatif untuk menekan angka cidera dan kematian akibat kecelakaan lalu lintas,” ungkap Jim Keller, Honda R&D Americas President, dikutip KabarPenumpang.com dari laman hotcars.com (25/8).

“Berpegang teguh pada prinsip ‘Safety for Everyone’, para teknisi kami di Honda sadar betul bahwa apa yang mereka kerjakan sekarang akan membawa dampak luas di luar sana dalam jangka waktu yang panjang,” tandas Jim.

Di sini, teknisi Honda berupaya untuk meminimalisir tekanan lateral yang mungkin dapat diterapkan pada bagian kepala pengemudi dan penumpang yang ada di bagian depan kendaraan. Selain itu, airbag juga didesain lebih besar yang bertujuan untuk memberikan ruang lebih kepada kepala penumpang atau pengemudi – seperti sebuah sarung tangan baseball.

Jika airbag pada umumnya menggunakan single inflatable section, maka itu akan berbeda dengan yang tengah dikembangkan oleh Honda ini, dimana akan ada empat komponen utama yang tersemat di dalamnya, tiga sisi airbag yang berfungsi untuk menampung kepala penumpang (satu di bagian muka, dan dua lainnya pada bagian pinggir), dan sailpanel yang berfungsi seperti sarung tangan baseball tadi.

Baca Juga: 30 Tahun Airbag Hadir Untuk Keselamatan Dunia Otomotif

Apabila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan, seharusnya airbag kembangan Honda ini bisa dengan sempurna ‘menangkap’ kepala penumpang layaknya sarung tangan baseball. Jika skema ini terlaksana dengan sempurna, maka ada banyak ratusan nyawa di luar sana yang bisa selamat dari kecelakaan.

 

Leave a Reply