“I Love Manado” Ramaikan Interior MRT di Guangzhou dan Shanghai

0
Pintu dan dinding MRT Guangzhou dan Shanghai ada liveru I Love Manado (Michael Winerungan)

Wisatawan Cina sejak tahun 2016 menjadi wisatawan mancanegara terbanyak yang mengunjungi Indonesia dibandingkan dengan wisatawan asal Eropa, Jepang dan Timur Tengah. Ini tercatat pada tahun 2017 kemarin wisatawan asal Cina mencapai 2 juta orang.

Didorong letak geografis Cina yang relatif dekat dengan Indonesia, jumlah penduduk yang besar dan pendapatan ekonomi mereka yang tumbuh tinggi, menjadikan Cina sebagai potensi besar dalam mendukung tumbuhnya sektor pariwisata di Indonesia. Untuk itu serangkaian kampanye telah dijalankan untuk mempromosikan wisata Indonesia kepada khalayak di luar negeri. Wonderfull Indonesia bisa menjadi contoh yang menarik dalam hal ini, terutama saat armada bus tingkat wisata di Paris dipasangi livery ornamen wisata khas Nusantara pada Agustus 2017.

Baca juga: Kampanye “Wonderful Indonesia” Meriahkan Transportasi di Paris

Bila ditelisik lebih jauh lagi, ternyata tak hanya kampanye Wonderfull Indonesia saja yang melebarkan sayapnya di kancah intenasional. Baru-baru ini, Kabarpenumpang.com mendapatkan sesuatu yang menarik, yakni Manado sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Utara juga melebarkan sayapnya. Sebab pariwisata di Manado semakin hari semakin berkembang dengan pesat.

Lantai MRT Guangzhou dan Shanghai ada liveru I Love Manado (Michael Winerungan)

Salah satunya adalah promosi dengan membuat iklan seperti pada 12 gerbong MRT di Guangzhou dan Shanghai di Cina. Iklan ini terlihat dari postingan seorang netizen di akun Facebook Michael Winerungan, dimana ada beberapa video serta foto dirinya saat berada didalam MRT dengan interior promosi Visit Manado.

Dalam foto dan video yang dibagikan tampak ikon pariwisata kota Manado baik itu keindahan taman laut Bunaken, perumahan dengan cat berwarna-warni dan juga tulisan Welcome to Manado serta adapula tulisan I Love Manado. Berkat Michael yang juga seorang fotografer, postingan ini viral sejak dirinya mengunggah pada 10 Januari 2018 lalu.

Kaca dan pintu MRT Guangzhou dan Shanghai ada liveru I Love Manado (Michael Winerungan)

Postingan ini sudah dibagikan lebih dari 2600 kali dan netizen lainnya berbangga serta meninggalkan jejak mereka dalam kolom komentar di akun Facebook Michael. Kunjungan akan makin meningkat kala Maskapai Lion Air menambah tiga rute ke Tiongkok masing-masing ke kota Changsa, Shenzen, Shanghai guna melengkapi rute Guangzhou yang rutin saat ini.

Baca juga: Gandeng Merek-Merek Ternama, Wonderful Indonesia Lebarkan Sayap

Data dari Kemenpar Indonesia mencatat wisatawan Cina ini berasal dari beberapa kota diantaranya yakni Guangzhou, Changsa, Wuhan, Sanghai, Shenzen, Chongqing, Chengdu dan Kunming. Kunjungan wisatawan ke Sulawesi Utara sendiri terbantu karena adanya 19 charter flight pada periode high season per minggunya dengan penerbangan langsung dari Cina ke Manado. Adapun ketersediaan seat pesawat mencapai 200 hingga 212 kursi.

 

Leave a Reply