IATA Kembangkan Aplikasi Seluler untuk Bantu Perjalanan di Masa Pandemi

0

International Air Transport Association atau IATA belum lama ini mengembangkan aplikasi seluler untuk perjalanan di masa pandemi Covid-19. Aplikasi ini hadir untuk membantu penumpang menavigasi pembatasan perjalanan Covid-19 dan secara aman membagikan sertifikat uji dan vaksin maskapai serta pemerintah.

Baca juga: Berkah Vaksin, IATA Sebut Butuh 8 Ribu Pesawat Jumbo untuk Antarkan Vaksin ke Seluruh Dunia

Sebagai badan penerbangan yang mewakili banyak maskapai besar dunia, IATA berencana untuk menguji coba platform Travel Pass pada akhir tahun dan menerapkannya untuk ponsel Android dan iOS pada paruh pertama tahun depan. KabarPenumpang.com melansir dari laman thejakartapost.com (24/11/2020), maskapai penerbangan mendesak pemerintah untuk mengganti persyaratan karantina.

Hal ini agar lalu lintas dengan pengujian Covid-19 yang sistematis dengan beberapa keberhasilan.

“Prioritas utama kami adalah membuat orang bepergian lagi dengan aman,” kata kepala keamanan IATA Nick Careen.

Careen mengatakan, hal ini berarti memberi kelayakan pada pemerintah bahwa pengujian Covid-19 yang sistematis dapat berfungsi sebagai pengganti persyaratan karantina. Dia juga menyebutkan, kesehatan penumpang dan data lainnya tidak tersimpan secara terpusat tetapi diautentikasikan dengan blockchain.

Sehingga para penumpang pun bisa dengan mudah untuk mengontrol apa yang mau mereka bagikan. IATA menambahkan, aplikasi Perjalanan Tanpa Kontak, baru akan menggabungkan informasi paspor dengan sertifikat tes dan vaksinasi yang diterima dari laboratorium yang juga berpartisipasi.

Baca juga: IATA: Maskapai Kehilangan Revenue dari Penumpang Sebesar 55 Persen

IATA mengatakan, bahwa ini juga akan mengacu pada daftar global persyaratan kesehatan dan pusat pengujian serta vaksinasi. Untuk diketahui, platform ini dibuat dengan standar open source dalam membantu interoperabilitas dengan sistem yang ada termasuk aplikasi pelanggan maskapai anggota.

Leave a Reply