Ijinkan Penumpang Masuk ke Dalam Kokpit, Pilot Air Guilin Ditangguhkan Seumur Hidup

0
Sumber: cnn.com

Sebagai salah satu tempat ‘terlarang’ di pesawat, tentu saja tidak sembarangan orang bisa masuk ke dalam kokpit. Hanya orang-orang tertentu seperti pilot, teknisi, dan awak kabin atau siapa saja yang diperbolehkan untuk menyambangi ruang kerja pilot ini. Namun apa jadinya jika ada seorang non-petugas yang masuk ke dalam ruang kokpit dan malah asik-asik foto di dalamnya? Lebih parahnya lagi, foto di dalam ruang kokpit tersebut diunggah ke jejaring sosial, pula! Duh, bagaimana jadinya ya?

Baca Juga: Inilah Sebab Mengapa Pintu Penumpang Umumnya Ada di Sisi Kiri Kokpit!

Sebagaimana yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman cnn.com (5/11), seorang pilot berkebangsaan Cina terpaksa mendapatkan hukuman setelah foto seorang wanita yang duduk di bangku pilot ruang kokpit tersebar luas di jejaring sosial mirip Twitter, Weibo. Dalam foto yang menjadi bahan perbincangan di ranah netizen ini, tampak ada seorang wanita yang berpakaian sipil, tengah duduk di bangku pilot sembari tangannya membentuk lambang peace (seperti huruf V).

Hal lain yang membuat netizen menjadi tambah geram adalah ketika ia menuliskan caption: “Saya sangat berterima kasih kepada pilot, saya sangat bahagia,”

Sampai sini, banyak netizen di luar sana yang beranggapan bahwa sang pilot sudah terlebih dahulu mengijinkan wanita ini untuk masuk ke dalam ruang kerjanya dan mengambil foto di sana. Banyak netizen yang beranggapan bahwa foto ini diambil dari kokpit salah satu pesawat Air Guilin – dan benar saja, ketika dikonfirmasi ke pihak maskapai, mereka tidak menampik bahwa foto yang sempat viral ini diambil dari salah satu kokpit pesawat mereka.

“Foto ini diambil di pesawat kami yang mengoperasikan rute penerbangan berjadwal dari selatan kota Guilin menuju Yangzhou pada 4 Januari kemarin,” ujar salah satu juru bicara Air Guilin.

Alih-alih sirik dengan aksi wanita ini, banyak metizen yang beranggapan bahwa sang pilot terlalu berani dalam hal memberikan ijin kepada wanita anonim tersebut untuk masuk ke dalam ruang kokpit.

Baca Juga: Dihilangkan dari Dunia Aviasi Modern, Kira-Kira Inilah Tugas Seorang Flight Engineer

“Pilot seolah menomor-duakan keselamatan penerbangan,” begitulah kurang lebih komentar netizen menghujat wanita ini.

Meningat pelanggaran yang dilakukan pilot ini dapat membahayakan keselamatan, pihak maskapai pada hari Senin kemarin (4/11) telah menangguhkan pilot anonim ini seumur hidup karena telah melanggar aturan penerbangan sipil. Tidak hanya sang pilot, kru penerbang lainnya juga siap untuk memasuki masa penangguhannya untuk waktu yang masih belum bisa ditentukan – setidaknya sampai proses investigasi selesai dilakukan.

Leave a Reply