Imbas Covid-19 , Bandara Roswell Raih Untung dari Jasa Parkir Pesawat

0
ilustrasi pesawat d di daratkan ketika Covid-19 merebak di dunia

Virus corona atau Covid-19 yang sudah menjadi pandemi di seluruh dunia banyak membuat perekonomian di berbagai industri menurun drastis. Salah satunya adalah maskapai penerbangan yang saat ini harus ‘mendaratkan’ lebih banyak pesawat mereka dibandingkan digunakan untuk mengirim pelancong ke berbagai destinasi di dunia.

Baca juga: Dapati 72 Kasus Virus Corona, Kuwait Resmi Tutup Bandara Internasional Utama

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman krqe.com (25/3/2020), namun ternyata ada beberapa industri lain yang diuntungkan yakni bandara-bandara tempat pesawat milik maskapai penerbangan di daratkan. Seperti Bandara Roswell di New Mexico, Amerika Serikat, yang kini menjadi tempat parkir bagi pesawat-pesawat yang tidak digunakan untuk terbang.

“Karena pandemi ini, maskapai banyak yang menutup sebanyak 50 hingga 75 persen dari bisnis penerbangan internasional mereka. Mereka juga mulai mematikan sebagian penerbangan domestik dan para pemilik maskapi memerlukan tempat untuk parkir pesawat-pesawat mereka itu,” kata Direktur Bandara Roswell Scoot Stark.

Dia mengatakan, untuk memarkirkan pesawat milik maskapai-maskapai, Bandara Roswell adalah solusi terbaik.

“Saat ini ada 100 dari antara 150 hingga 200 hektar aspal yang telah ditinggalkan dan tidak digunakan oleh konfigurasi bandara yang kita miliki sekarang. Sehingga disanalah kesempatan kami,” kata Scoot.

Dia menyebutkan, sekarang para pekerja dari Departemen Jalan Roswell telah bekerja untuk membersihkan kotoran dan rumput dari aspal di landasan pacu yang terbengkalai. Dikatakan Scoot, landasan pacu tersebut mampu menampung 300 hingga 500 pesawat tambahan.

Scoot mengatakan, dengan memberikan lahan untuk mendaratkan pesawat, kota tersebut mendapatkan biaya tambahan hingga $14 per pesawat per hari untuk menyimpannya. Walikota mengatakan, ini adalah pendapatan selamat datang ketika begitu banyak bisnis ditutup.

“Ini akan menambah pekerjaan, sekarang beberapa dari mereka akan menjadi orang-orang yang akan datang dari luar kota dari tempat lain tetapi tidak semua dari mereka memiliki kredensial yang tepat di sini untuk melakukan pekerjaan ini tetapi beberapa melakukannya, dan yang lainnya adalah membawa kegiatan ke dalam ekonomi, “kata Walikota Dennis Kintigh.

Baca juga: Bak Kuburan, Inilah 8 Penampakan Sepinya Bandara di Dunia Akibat Virus Corona

Diketahui, harga untuk penyimpanan pesawat ditetapkan sepuluh tahun yang lalu dan dijadwalkan akan diperbarui. “Kami tidak ingin menambahkan biaya tambahan ke maskapai, jadi kami akan menahan harga kami sampai acara atau virus corona selesai,” kata Mark Bleth, manajer pusat udara dan wakil direktur di Roswell.

Leave a Reply