Impian Negeri Bollywood Punya Jalur Kereta Api Berkecepatan Tinggi Segera Terwujud

0
(metrorailnews.in)

Jalur kereta api berkecepatan tinggi (kereta peluru) akan segera menjadi kenyataan di India, sebab salah satu dari tujuh rute sudah selesai baru baru ini. Jalur kereta berkecepatan tinggi ini antara Mysuru – Bengaluru – Chennai dengan panjang 435 km.

Baca juga: Pertama Kalinya dalam Sejarah, Layanan Kereta di India Mampu ‘On Time’ 100 Persen

Dilansir KabarPenumpang.com dari metrorailnews.in (2/8/2020), nantinya jalur ini mampu dilintasi oleh kereta peluru dengan kecepatan maksimum 320 km per jam. Saat ini pihak Indian Railways dan Otoritas Jalan Raya Nasional India (NHAI) akan mulai proses untuk mendapatkan lahan tambahan segera.

NHAI juga akan segera mendapatkan tanah untuk meletakkan kereta api berkecepatan tinggi di sepanjang jalan bebas hambatan Greenfield agar pengembangan terintegrasi dari jaringan transportasi kereta api di India. Selama pertemuan Kelompok Sektor Infra yang diadakan baru-baru ini, diputuskan bahwa NHAI akan mengambil alih pembebasan lahan dan sebuah komite beranggotakan empat orang dibentuk untuk menyelidiki masalah ini.

Komite akan bekerja pada modalitas untuk memperoleh tanah dan estimasi biayanya. Indian Railways berencana untuk menjalankan kereta peluru di tujuh rute baru penting di negara itu. Tujuh koridor rel berkecepatan tinggi adalah Delhi ke Varanasi via Noida, Agra dan Lucknow; Varanasi ke Howrah melalui Patna; Delhi ke Ahmedabad melalui Jaipur dan Udaipur; Delhi ke Amritsar melalui Chandigarh, Ludhiana dan Jalandhar; Mumbai ke Nagpur melalui Nasik; Mumbai ke Hyderabad melalui Pune dan Chennai ke Mysore melalui Bengaluru.

Dewan Kereta Api baru-baru ini menulis surat kepada NHAI dan memberikan rincian tujuh koridor rel berkecepatan tinggi untuk menjalankan kereta peluru di mana laporan proyek terperinci sedang dipersiapkan. NHAI juga telah diminta untuk mewakili petugas nodal untuk tujuan ini untuk integrasi yang lebih baik dari latihan perencanaan mammoth.

Baca juga: Jepang Rencanakan Bangun Proyek Kereta Cepat di 5 Kota India

Kereta peluru akan berjalan pada kecepatan maksimum 320 kilometer per jam dan jarak sebenarnya dari Mysuru ke Chennai adalah lebih dari 485 kilometer sementara koridor kereta peluru akan 435 kilometer. Dengan kecepatan kereta, dapat menempuh jarak 145 km dari Mysuru ke Bengaluru hanya dalam 45 menit.

Leave a Reply