Pertama Kalinya dalam Sejarah, Layanan Kereta di India Mampu ‘On Time’ 100 Persen

0
(financialexpress.com)

Tak hanya maskapai yang memiliki ketepatan waktu atau on time performance dalam penerbangan mereka. Ternyata kereta api juga memiliki hal yang sama dan biasanya ini untuk semua kereta baik jarak jauh, jarak dekat maupun kereta berkecepatan tinggi.

Baca juga: Rajdhani Express Kembali Beroperasi, Indian Railways: Tidak Ada Selimut dan Makanan

India, sebagai salah satu negara yang memiliki jaringan kereta api terbesar di dunia, kerap kali kereta yang diberangkatkan tidak tepat waktu alias mengalami keterlambatan sehingga membuatnya tiba tidak sesuai jadwal seharusnya. Namun untuk pertama kalinya dalam sejarah kereta api India, pada 1 Juli 2020 kemarin, sebanyak 201 layanan tiba di tempat tujuan dengan tepat waktu.

KabarPenumpang.com melansir dari laman financialexpress.com (2/7/2020), operator kereta India yakni Indian Railways yang dipimpin oleh Piyush Goyal selaku Menteri Perkeretaapian India mencatatkan rekor terbaru tersebut. Menurut Indian Railways ini masuk dalam sejarah transpoter nasional mereka dengan 100 persen ketepatan waktu yang dicapai.

Menurut perincian yang dibagikan oleh Indian Railways, dari 201 kereta tersebut tidak ada yang tertunda baik keberangkatan maupun jadwal tiba kereta di tujuan. Bahkan pada bulan Juni lalu, empat divisi Indian Railways termasuk divisi Delhi telah mendaftarkan 100 persen ketepatan waktu kereta khusus yang beroperasi selama pandemi Covid-19.

Bahkan sebelum penuh 100 persen ketepatan waktu kereta, Indian Railways pernah mencatat 99,54 persen di 23 Juni 2020. Hal ini karena ada satu kereta yang tertunda. Tak hanya itu, ada juga laporan di mana 88 layanan kereta api khusus yang di Delhi berjalan tepat waktu. Sedangkan tiga divisi lainnya yakni Agra, Prayagraj dan Jhansi melaporkan 100 persen ketepatan waktu layanan kereta khusus.

Pada 22 Juni 2020, pengangkut nasional ini mencatat tingkat ketepatan waktu 98 persen di seluruh jaringan. Selain itu, bulan lalu Indian Railways juga mencatat peningkatan besar dalam operasi kereta barang mereka.

Kementerian Kereta Api India menyatakan pada 21 Juni 2020, kecepatan rata-rata kereta barang selama pandemi Covid-19 di jaringan Indian Railways hampir dua kali lipat dibandingkan kecepatan rata-rata kereta barang pada tahun lalu. Sesuai perincian yang dibagikan oleh Kementerian Kereta Api, selama Juni 2019, kecepatan rata-rata layanan kereta barang Indian Railways adalah 23 km per jam.

Baca juga: Lima Fakta Unik Seputar Indian Railways – Namanya Tak Melulu Buruk

Sedangkan pada 21 Juni 2020, kecepatan rata-rata layanan kereta barang adalah 42 km per jam. Untuk diketahui, kereta khusus yang digunakan selama masa pandemi Covid-19, Indian Railways telah memasang 15 pendingin udara spesial di seratus kereta khusus yang beroperasi melayani penumpang.

Leave a Reply